Senin 20 Jul 2020 17:11 WIB

Polsek Cikarang Bangun Ketahanan Pangan dengan Budidaya Lele

Program ketahanan pangan dapat membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Rep: Akhmad Nurseha/ Red: Bilal Ramadhan
Polsek Cikarang membangun ketahanan pangan dengan penanaman sayur mayur dan budidaya ikan lele
Foto: Akhmad Nurseha
Polsek Cikarang membangun ketahanan pangan dengan penanaman sayur mayur dan budidaya ikan lele

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Di tengah pandemi Covid-19, Polsek Cikarang membangun kegiatan ketahanan pangan dengan budidaya ikan lele dan penanaman sayur mayur seperti kangkung dan bayam. Kegiatan tersebut digagas Kapolsek Cikarang, Kompol Alin Kuncoro, S.Pd untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Kegiatan ketahanan pangan yang menjadi program Polsek Cikarang itu memanfaatkan lahan kosong di pekarangan belakang kantor untuk bisa membantu masyarakat sekitar ditengah masa pandemi. Kasi Humas Polsek Cikarang, Bripka Octafiyanto (37 tahun) menerangkan hasil panen dari ketahanan pangan tersebut akan diberikan kepada masyarakat terdekat yang membutuhkan.

“Kami memulai kegiatan ketahanan pangan ini pada saat memasuki masa pandemi Covid-19, kira-kira awal bulan Maret sejak maraknya virus corona ini melanda negara kita,” ujar Octafiyanto, Senin (20/7).

Menurut Octafiyanto, dampak pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap perekonomian warga khususnya di wilayah Cikarang Utara dan sekitarnya. “Dengan memanfaatkan lahan kosong dipekarangan belakang dan gotong royong berpatungan dari seluruh anggota kepolisian Polsek Cikarang untuk membeli bibit ikan lele dan sayur-sayuran, Alhamdulillah kegiatan ini bisa ada dan membantu warga,” kata dia.

 

Dengan memanfaatkan lahan kosong kurang lebih seratus meter persegi untuk lahan sayur-sayuran dan kolam dengan ukuran 10 meter persegi untuk ternak lele tersebut dapat memanen dari hasil kegiatan ketahanan pangan setidaknya setiap tiap bulan sekali.

“Kita memberdayakan masyarakat sekitar yang ikut membantu dalam mengelola ketahanan pangan ini, yang nantinya hasil panen yang sudah dikelola dapat dikonsumsi oleh masyarakat,” ujar dia.

Sementara itu Kapolsek Cikarang Polres Metro Bekasi, Kompol Alin Kuncoro, S.Pd yang menggagas kegiatan ketahanan pangan tersebut menerangkan kegiatan ketahanan pangan ini sebagai wujud rasa empati Polsek Cikarang terhadap dampak dari pandemi Covid-19.

“Kegiatan ketahanan pangan ini sebagai wujud program Mang Jaka Polres Metro Bekasi dalam adaptasi kebiasaan baru atau new normal, dari program tersebut dapat membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19,” kata Alin.

Program Masyarakat Nyang Jaga Kampung atau disingkat Mang Jaka ini merupakan program Polres Metro Bekasi dalam berupaya menciptakan kegiatan masyarakat yang saling mendukung satu sama lain khususnya dalam penanganan Covid-19. Dari program tersebut kegiatan ketahanan pangan Polsek Cikarang dapat bersinergis dengan masyarakat yang terkena dampak dari pandemi.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement