Rabu 15 Jul 2020 17:13 WIB

Belum Ada Sekolah yang Menggelar Tatap Muka di Kendari

Seluruh sekolah belum dibolehkan belajar mengajar tatap muka, tetapi melalui daring,

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas keamanan memeriksa suhu siswa yang akan menjalani proses belajar mengajar di kelas di wilayah zona hijau (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Petugas keamanan memeriksa suhu siswa yang akan menjalani proses belajar mengajar di kelas di wilayah zona hijau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan proses belajar mengajar di tingkatan sekolah sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) secara daring tetap harus memenuhi standar kurikulum sebesar 60-70 persen.

"Sedangkan 30-40 persen itu para guru wajib memberikan pelajaran pada siswanya berupa pembinaan karakter," kata Kepala Dinas Dikmudora Kendari, Sartini Sarita di Kota Kendari, Rabu (15/7).

Dia mengatakan, pemenuhan pembelajaran bagi siswa diwajibkan bagi seluruh kepala sekolah, baik negeri maupun swasta, TK, SD, dan SMP bahwa tahun ajaran 2020/2021 melalui daring, tetap memperhatikan delapan standar nasional kelulusan pendidikan.

"Hingga memasuki masa normal, seluruh sekolah di Kendari belum dibolehkan melaksanakan proses belajar mengajar secara tatap muka, namun secara daring," ujar Sartini seraya menambahkan bahwa surat edaran ditiadakannya belajar melalui tatap muka itu sudah disampaikan ke masing-masing sekolah se-Kota kendari.

Menurut Sartini, surat edaran tersebut dikeluarkan setelah adanya indikasi beberapa satuan pendidikan yang menghadirkan peserta didik ke sekolah dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (PLS) di masa darurat Covid-19, yang dinilai masih sangat rawan terhadap tertularnya virus yang sangat membahayakan bagi anak didik.

Sartini mengatakan, hingga saat ini belum ada sekolah di Kendari yang boleh melakukan pembelajaran tatap muka, termasuk selama masa PLS ini. "Yang pasti bahwa dalam proses belajar mengajar, hingga saat ini belum ada kepastian kapan belajar tatap muka dibolehkan. Kita masih menunggu arahan dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Kendari dan dari wali kota sampai kapan sekolah mulai dibuka," kata Sartini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement