Selasa 07 Jul 2020 14:16 WIB

Bersama Berbagi Bantuan Sosial dan Test Kit Covid-19

Lippo melakukan aksi bersama dengan Perkumpulan Adat Marga Simbolon Seluruh Indonesia

Lippo melakukan aksi bersama dengan Perkumpulan Adat Marga Simbolon Seluruh Indonesia, Punguan Simbolon Dohot Boruna se-Indonesia (PSBI), membagikan 15 ribu paket bantuan sosial dan 1.050 test kit Covid-19.
Foto: -
Lippo melakukan aksi bersama dengan Perkumpulan Adat Marga Simbolon Seluruh Indonesia, Punguan Simbolon Dohot Boruna se-Indonesia (PSBI), membagikan 15 ribu paket bantuan sosial dan 1.050 test kit Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lippo melakukan aksi bersama dengan Perkumpulan Adat Marga Simbolon Seluruh Indonesia, Punguan Simbolon Dohot Boruna se-Indonesia (PSBI), membagikan 15 ribu paket bantuan sosial dan 1.050 test kit Covid-19. Lippo mendukung penuh gerakan Perkumpulan Adat Marga Simbolon dalam mempertahankan tradisi budaya dan kekeluargaan Batak Simbolon.

Aksi tersebut bertepatan dengan perayaan ulang tahun PSBI ke-13 yang digelar Selasa (7/7) di Gedung Ex Mabes TNI AU, Pancoran, Jakarta Selatan. Ketua Dewan Eksekutif Lippo Theo L Sambuaga dan Ketuan Umum PSBI Effendi Simbolon secara simbolis melepas bantuan ke seluruh wilayah Indonesia.

PSBI dibentuk sebagai lembaga swadaya masyarakat untuk membina dan melestarikan budaya marga Simbolon. Keturunan Simbolon sendiri sudah tersebar di seluruh dunia.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan jauh sebelum republik ini ada, kekerabatan dan toleransi serta sikap nasionalisme suku Batak sudah ada. Setiap tindakan selalu didasarkan atas musyawarah yang merupakan perwujudan dari persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tentu kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing marga cukup baik, setiap marga pasti mempertahankan warisan dan nilai luhur suku Batak dalam membangun Indonesia," kata Luhut. "Itu sudah menjadi ciri khas suku Batak, apapun marganya, termasuk PSBI yang pernah mengadakan pentas seni dalam rangka berkumpulkan marga Simbolon se-Indonesia."

Memelihara nilai-nilai yang diwariskan leluhur marga Batak Simbolon sesuai dengan falsafah Dalihan Natolu (filosofi budaya seperti tungku berkaki tiga di mana membutuhkan keseimbangan mutlak). Somba Marhula-hula (hormat pada pihak istri), Manat Mardongan Tubu (mengayomi wanita), dan Elek Marboru  (bersikap hati-hati kepada teman semarga). Semua itu mengandung nilai-nilai kehidupan yang sangat tinggi demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera jasmani dan rohani.

Budayawan Batak Saut Poltak Tambunan yang pernah menerima Penghargaan Sastra Rancage 2015 mengatakan  kegiatan yang dilakukan komunitas Batak seperti PSBI menunjukkan bahwa masyarakat Batak menjunjung tinggi nilai budaya, keberagaman dan saling menghormati. Saat ini banyak sekali komunitas Batak di Tanah Air, dengan sistem kekerabatan sangat erat.

Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon menghargai inisiatif dan aksi bersama yang dilakukan dengan Lippo. “Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepedulian sosial dan dukungan dari Lippo yang sangat bernilai, baik itu berupa rapid test, PCR swab, maupun paket sembako," ujarnya.

Aksi bersama ini diharapkan memberi dampak positif untuk memutus rantai penyebaran virus Corona di Indonesia. Salah satu kunci utama dalam menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan testing yang luas, cepat, akurat, dan efektif.

"Dan apabila dalam tes nanti ada yang reaktif maka segera bisa dirujuk ke RS Siloam Hospitals terdekat untuk penanganan lebih lanjut,” timpal Theo L Sambuaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement