Jumat 26 Jun 2020 22:21 WIB

Bupati Karawang Apresiasi Donasi Ventilator dan APD

Pemkab Karawang telah menyediakan empat rumah sakit rujukan pasien corona.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana (kanan) menerima secara simbolis donasi dari Sampoerna.
Foto: Dok. Ist
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana (kanan) menerima secara simbolis donasi dari Sampoerna.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bersyukur atas donasi terkait penanganan corona untuk wilayahnya. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang ini mengatakan, donasi dari PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) yang ditujukan untuk membantu penanganan dan menekan penyebaran Covid-19 akan sangat bermanfaat bagi masyarakatnya.

Bekerja sama dengan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo (YRKS), Sampoerna menyerahkan bantuan berupa dua unit ventilator, 5.000 masker kain, 500 baju hazmat, 50 set APD full set, dan 200 face shield. Bupati Cellica selanjutnya akan mendistribusikan bantuan ini ke rumah sakit, puskesmas dan klinik kesehatan sebagai fasilitas penting dalam penanganan virus corona. 

"Tentunya, kami memerlukan bantuan dari sejumlah pihak, di antaranya dari Sampoerna yang berkontribusi besar terhadap Kabupaten Karawang,” kata Cellica saat menerima donasi tersebut, Jumat (26/6).

Cellica mengatakan, Pemkab Karawang telah menyediakan empat rumah sakit yang tiga diantaranya adalah khusus corona dan satu RSUD Karawang merupakan rumah sakit rujukan covid-19. Secara keseluruhan, tersedia 218 tempat tidur dan ratusan tenaga kesehatan.

“Semoga donasi ini bisa membantu Pemkab Karawang untuk memerangi corona,” ujarnya.

Secara terpisah, Direktur Sampoerna Elvira Lianita mengatakan, selama pandemi, Sampoerna terus mengambil peran aktif dalam mendukung upaya-upaya berskala nasional maupun daerah dalam memerangi pandemi corona.

Elvira menambahkan, Sampoerna percaya sinergi dan kolaborasi pemerintah dengan pelaku usaha adalah kunci dalam upaya memutus mata rantai penularan corona.

“Ancaman Covid-19 belum berakhir, untuk itu Sampoerna akan terus mengambil peran aktif melalui berbagai inisiatif yang dapat mendukung setiap upaya memerangi virus Corona. Kami percaya bersama-sama kita mampu menghadapi dan melewati tantangan ini,” tutup Elvira.

Selain di Kabupaten Karawang dan Provinsi Jawa Barat, kata dia, Sampoerna juga bekerja sama dengan mitra CSR, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. "Dan pemerintah daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Surabaya, Solo, Pasuruan, Karawang, Bali dalam menyalurkan kontribusi bantuan serupa kepada berbagai rumah sakit, tenaga medis, mantan pekerja migran," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement