Senin 22 Jun 2020 08:12 WIB

Warga Batu Diminta Disiplin Tetapkan Protokol Kesehatan

Jumlah kasus Covid-19 di Kota Batu terus bertambah

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Christiyaningsih
Warga Kota Batu diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA
Warga Kota Batu diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Batu terus bertambah hingga mencapai angka 54 orang, Ahad (21/6). Kenaikan jumlah kasus tersebut membuat Satgas Covid-19 Kota Batu mengingatkan kembali warganya untuk disiplin.

"Kata kuncinya disiplin dan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas di mana pun dan kapan pun," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Batu, M Chori kepada wartawan, Ahad (21/6).

Baca Juga

Menurut Chori, imbauan penerapan protokol kesehatan penting dimasifkan di masyarakat. Sebab, pemerintah tidak mungkin dapat mengawasi semua aktivitas dan kegiatan yg dilakukan oleh masyarakat selama 24 jam. Karena itu, kesadaran menerapkan gaya hidup sehat menjadi tanggung jawab penting masing-masing masyarakat.

Salah satu cara agar masyarakat disiplin yakni dengan menempatkan beberapa personil TNI/Polri di tempat umum. Upaya ini turut dilaksanakan saat berada di tempat aktitivitas sosial ekonomi berlangsung. Dalam hal ini seperti di tempat berkumpulnya masyarakat.

Selain itu, diperlukan juga memperbanyak kampung tangguh di sejumlah wilayah. Bahkan, kalau bisa diturunkan levelnya pada tingkat keluarga. Keberadaan keluarga tangguh diharapkan mampu melakukan pengawasan dan pengendalian.

"Atau melaksanakan operasi cipta kondisi serta sosialisasi yang lebih massif tentang pentingnya protokol kesehatan dan memperkuat tim tracing," jelas Chori.

Untuk informasi, jumlah kematian akibat positif Covid-19 di Kota Batu mencapai empat orang. Sementara 14 pasien positif telah dinyatakan sembuh sedangkan 10 orang masih dalam perawatan. Lalu 26 pasien positif Covid-19 lainnya melakukan isolasi mandiri di rumah dan di shelter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement