Rabu 17 Jun 2020 15:01 WIB

Protokol Kesehatan Industri Hiburan Segera Diterbitkan

Gugus Tugas telah bertemu dengan sejumlah insan hiburan hingga asosiasi perfilman.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita
Kepala Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Doni Monardo.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Kepala Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Doni Monardo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan protokol terkait industri hiburan dalam masa pandemi Covid-19 ini masih dipersiapkan. Gugus Tugas yang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dalam persiapan ini menyatakan protokol akan segera diterbitkan. 

Doni menyebut, Gugus Tugas telah bertemu dengan sejumlah insan hiburan hingga asosiasi perfilman, di antaranya tim yang dipimpin oleh aktor senior Dedy Mizwar. "Bahwa protokol tentang industri hiburan ini memang masih dalam proses. Kami mendorong agar industri hiburan ini bisa hidup, bisa tumbuh," kata Doni dalam rapat yang digelar Komisi X DPR RI, Rabu (17/6).

Baca Juga

Gugua Tugas berharap kerja sama bersama di bidang industri hiburan bisa memasukkan aspek edukasi, sosialisasi, dan mitigasi pada masyarakat. Ia mengaku saat ini Gugus Tugas berupaya membantu Kementerian Kesehatan agar protokol dalam industri hiburan segera diterbitkan. 

"InsyaAllah untuk harapan dari para pegiat dunia industri hiburan, bisa segera dilakukan," kata Doni. 

Protokol dalam industri hiburan ini juga disiapkan bersamaan dengan sejumlah protokol pariwisata lain. Protokol yang sedang disusun misalnya pasar rakyat, pusat perbelanjaan mal dan pertokoan, hotel penginapan, rumah makan dan restoran, sarana dan kegiatan olahraga, hingga transportasi umum. 

Ia menambahkan, jasa perawatan kecantikan rambu, kegiatan ekonomi kreatif, da  juga kegiatan keagaman dan rumah ibadah, serta jasa penyelenggaraan event dan pertemuan juga masih dipersiapkan. "Jadi diharapkan minggu ini akan bisa diterbitkan oleh kemenkes," kata Doni. 

Gugus tmeminta semua ketentuan yang  berhubungan dengan protokol kesehatan dikeluarkan satu pintu lewat Menteri Kesehatan. Sehingga kementerian lainnya yang memberi usulan, masukan, saran ditampung oleh Kemenkes.

Pertanyaan soal Industri Hiburan ini sendiri disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno, yang juga merupakan artis senior. Ia mengaku mendapat titipan pertanyaan dari sejumlah pelaku industri hiburan yang sudah hampir 4 bulan ini mengalami hambatan dalam berkarya. 

"Kira-kira protap apa yg bisa memulai para pekerja seni ini bisa bekerja pak? Kira - kira kapan bisa dimulai pekerjaan seni ini, dengan protap seperti apa, agar kita bisa mulai pekerjaan?" kata pemeran Si Doel itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement