Selasa 16 Jun 2020 06:14 WIB

1.000 Warga Susukan Mengikuti Rapid Test Gratis

Lurah Susukan menyatakan, warga yang mengikuti tes cepat dari tujuh RW.

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana pelaksanaan rapid test di Kelurahan Susukan, Jakarta Timur.
Foto: Koopsau I
Suasana pelaksanaan rapid test di Kelurahan Susukan, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Dharma Pertiwi bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan PIA Ardhya Garini mengelar rapid test gratis di Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur pada Senin (15/6). Rapid test ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19, terutama di daerah Ciracas. Selain rapid test juga dilaksanakan pembagian sembako kepada warga Kelurahan Susukan.

Dalam siaran pers, sebanyak 1.000 alat tes telah disiapkan oleh penyelenggara dan termasuk sembako. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di halaman SDN 8 Susukan dengan jumlah 600 peserta, di SDN 3 Susukan diikuti 150 peserta, dan Panti Sasana Kresna Werda sebanyak 250 peserta.

Ketua Dharma Pertiwi Ny Nanny Hadi Tjahjanto meninjau langsung kegiatan rapid test gratis dan pembagian sembako yang didampingi oleh Ibu Ketum Persit Kartika Candra Kirana Ny Hetty Andika Perkasa, Ibu Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny Inong Fadjar Parsetyo, Ibu ketua Umum Jalasenastri Ny Veronica Yudo Margono, Ketua Harian IKKT Pragati Wira Anggini, Ketua Harian Dharma Pertiwi, serta pengurus Inti Dharma Pertiwi.

Nanny Hadi mengatakan, masyarakat tidak perlu takut mengikuti rapid test sebagai bentuk antisipasi dini terhadap pencegahan virus corona. Menurut dia, warga dengan mengikuti rapid test dapat merasa aman dari pandemi Covid-19.

"Semakin cepat kita terdeteksi, semakin cepat kita akan tangani, dan semakin cepat kita sehat,” kata Nanny yang menjelaskan Dharma Pertiwi mendapat amanah dari OASE KIM yang dipimpin oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk meyalurkan perlengkapan kesehatan berupa alat rapid test, alat pelindung diri (APD), hand sanitizer, susu, pampers yang digunakan untuk masyarakat.

Lurah Susukan, Akmal menyatakan, warganya yang terlibat dan mengikuti rapid test berasal dari tujuh rukun warga (RW). Dia menyambut baik kegiatan itu yang bermanfaat bagi pencegahan penyebaran virus corona. "Setiap RW akan melaksanakan kegiatan rapid test sesuai pembagian dari kelurahan," kata Akmal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement