Senin 15 Jun 2020 22:28 WIB

Tips dr Reisa Bagi Karyawan yang Kembali Kerja di Kantor

dr Reisa berbagi tips untuk karyawan yang kembali bekerja di kantor.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro
Foto: ANTARA /Galih Pradipta
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro membagikan tips kepada para karyawan yang bekerja di kantor selama masa pandemi saat ini. Reisa mengingatkan agar karyawan yang berada di tempat kerja tetap menjaga jarak fisik minimal satu hingga dua meter.

Selain itu, ia juga meminta agar ruangan di kantor memiliki ventilasi yang baik. "Cuci tangan sesering mungkin setelah memegang barang-barang yang digunakan bersamaan dengan orang lain. Ingat kalau fasilitas cuci tangan tidak banyak, bawa cairan pembersih tangan atau hand sanitizer," ujar Reisa saat konferensi pers, Senin (15/6).

Baca Juga

Reisa juga menyarankan agar menjaga kebersihan tempat kerja dengan melakukan disinfektan secara berkala serta mengenakan masker dengan baik dan benar. Jika sakit, maka ia menyarankan agar bekerja dari rumah.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat agar menerapkan etika batuk dan bersin baik dengan melipat siku atau dengan menutup mulut dan hidung menggunakan tisu dan langsung membuang ke tempat sampah yang tertutup.

 

"Cuci tangan sebelum menyentuh benda apapun," ucapnya.

Sistem tempat duduk di ruang kerja pun disarankan agar diberi jarak lebih dari satu meter dan jika memungkinkan terdapat sekat di antaranya. Lebih lanjut, Reisa juga meminta agar dilakukan pengaturan pintu masuk dan keluar untuk semua karyawan sehingga tak terjadi penumpukan orang.

Protokol kesehatan inipun juga harus diterapkan di berbagai tempat lainnya, seperti tempat makan, ruang istirahat, dan juga ruang pertemuan. "Tips bagi para manajer kantor, berlakukanlah jam istirahat yang berbeda bagi setiap shift untuk mengurangi kepadatan sehingga terus terjaga jarak yang aman 1 hingga 2 meter," katanya.

Reisa menegaskan, jaga jarak merupakan langkah yang paling efektif untuk mencegah penyebaran covid-19 disertai dengan cuci tangan dan mengenakan masker.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement