Sabtu 13 Jun 2020 18:17 WIB

Perkuat Pangan, Sukabumi Gagas Sentra Padi dan Kampung Ikan

Sentra padi dan kampung ikan diharapkan mampu memperkuat ketahanan pangan Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Unsur Forkopimda Kota Sukabumi menanam padi dan menebar benih ikan dalam meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Sabtu (13/6).
Foto: Republika/riga nurul iman
Unsur Forkopimda Kota Sukabumi menanam padi dan menebar benih ikan dalam meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Sabtu (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Berbagai cara dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 di Kota Sukabumi. Salah satunya dengan melakukan penanaman padi dan penaburan benih ikan di Kampung Tangguh. Kampung tangguh ini berada di Kampung Lembur Pasir RT 01 RW 05 Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu pada Sabtu (13/6).

Pada momen ini unsur forkopimda ikut langsung menanam padi dan menabur benih ikan yakni Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo dan Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman. Sebelum ke kampung tangguh, wali kota dan unsur forkopimda bersepeda keliling kota dan mengingatkan warga untuk memakai masker.

Baca Juga

''Untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, maka harus ada aksi nyata untuk menjaganya,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Targetnya ketersediaan pangan tetap aman untuk memenuhi kebutuhan warga. Fahmi menuturkan, ketahanan pangan berdampak pada stabilitas sosial ekonomi, dan kerawanan sosial masyarakat. Kehadiran forkopimda ini memotivasi dan mengajak seluruh pihak mendapatkan semangat dalam menciptakan zona ketahanan pangan.

Menurut Fahmi, di Kota Sukabumi juga digagas Kampung Ikan Nila di Kelurahan Sindangsari. Di lokasi ini diharapkan jadi sentra penghasil ikan nila.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni menambahkan, forkopimda ingin meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kota Sukabumi. '' Ini percontohan dan akan disebarkan ke daerah lain,'' kata dia.

Dalam pelaksanaanya ungkap Fahmi, akan menggandeng petugas di lapangan yang ahli di bidangnya dan babinsa serta bhabinkamtibmas dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi. Forkopimda memotivasi warga dalam hal menjaga ketahanan pangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement