Jumat 12 Jun 2020 17:39 WIB

Besok, 247 Bus di Leuwipanjang dan Cicaheum Beroprasi

Standar protokol kesehatan tetap diberlakukan di Terminal Cicaheum.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Terminal Cicaheum, Kota Bandung, lengang hanya ada bus Damri jurusan dalam Kota. Pada Sabtu (13/6) terminal ini akan kembali diramaikan angkutan bus AKAP dan AKDP,
Foto: Edi Yusuf/Republika
Terminal Cicaheum, Kota Bandung, lengang hanya ada bus Damri jurusan dalam Kota. Pada Sabtu (13/6) terminal ini akan kembali diramaikan angkutan bus AKAP dan AKDP,

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Sebanyak 247 bus yang terdiri dari 168 bus di Terminal Cicaheum dan 79 bus di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung akan beroperasi kembali besok, Sabtu (13/7) jelang pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Sejumlah protokol kesehatan akan dijalankan secara ketat di dua terminal. 

Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto mengatakan, jumlah bus yang akan mulai beroperasi besok sebanyak 168 unit dengan tujuan trayek ke wilayah pulau Jawa. Dia memperkirakan, jumlah bus yang beroperasi tidak akan lebih dari 50 persen dari kondisi normal. 

"Lihat dulu saja, kan mau baru beroperasi nanti berapa dan tujuannya baru ketahuan. Yang jelas kami buka semua jurusan dengan protokol kesehatan. Perkiraan yang beroperasi bus tidak akan ada 50 persen dari jumlah normal," ujarnya saat dihubungi, Jumat (12/6).

Menurutnya, standar protokol yang akan diberlakukan di Terminal Cicaheum yaitu diwajibkan memakai masker, selalu mencuci tangan memakai sabun, mengecek kondisi suhu tubuh serta menjaga jarak. "Jumlah penumpang tidak lebih dari 50 persen dari kapasitas," katanya.

Kepala Terminal Leuwipanjang, Asep Hidayat mengatakan pada hari pertama terminal mulai beroperasi besok, Sabtu (13/7), kurang lebih tiap PO bus dan pertrayek menyiapkan 5 hingga 10 bus yang akan dioperasikan.

Menurutnya, PO Bus yang akan beroperasi yaitu MGI Bogor 5 bus, Gagakrimang Bogor Group 5 bus, Bela Utama Bogor 4 bus, Sukabumi MGI 6 bus, Hiba 8 bus, 

Primajasa Bekasi 5 bus, Primajasa Cikarang 5 bus, Primajasa Jababeka 5 bus danPrijasa BHI 5 bus. Arimbi merak 15 bus, Hiba group 10 bus, Armada merka 2 bus, Kramatdjati belum ada info. MGI Kampung Rambutan 4 bus dan Primajasa l Bulus belum ada info dan Kalideres.

Sebelumnya, Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum mulai besok, Sabtu (13/6) akan kembali beroperasi pasca ditutup akibat pandemi covid-19. Aktivitas di dua terminal tersebut harus menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat seperti penyediaan pencuci tangan, bilik disinfektan, thermo gun dan memakai masker.

"Insya Allah besok pagi jam 5, terminal Leuwipanjang dan Cicaheum resmi akan dibuka operasional kembali," ujar Kabid Manajemen Transportasi dan Parkir (MTP) Dishub Kota Bandung, Khairul Rizal di Balai Kota Bandung, Jumat (12/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement