Rabu 10 Jun 2020 02:45 WIB

Panen Padi Kotawaringin Barat Manfaatkan Alsintan

Penggunaan alsintan oleh petani Kotawaringin Barat diharapkan tingkatkan produksi

Penggunaan alsintan oleh petani Kotawaringin Barat diharapkan tingkatkan produksi
Foto: BPPSDMP Kementan
Penggunaan alsintan oleh petani Kotawaringin Barat diharapkan tingkatkan produksi

REPUBLIKA.CO.ID, KOTAWARINGIN BARAT -- Petani di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) didorong Bupati Nurhidayah, untuk memanfaatkan benih unggul dan alat mesin pertanian (Alsintan) seperti dilakukan petani di Desa Berambai Makmur, Kecamatan Pangkalan Banteng saat panen perdana padi, belum lama ini.

"Program dan kegiatan yang dinilai mampu mengungkit peningkatan produksi dan perlu terus dikembangkan serta diperkuat, salah satunya adalah bantuan benih dan alat mesin pertanian," kata Bupati Nurhidayah yang memantau kegiatan panen perdana via videoconference pada Agriculture Operation Room (AOR) di Pangkalan Bun, ibukota Kobar.

Dia juga mengingatkan agar penyuluh pertanian di lapangan agar terus meningkatkan peran aktifnya dalam memotivasi  petani untuk dapat memanfaatkan teknologi tepat guna dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian. 

Menurutnya, program dan kegiatan oleh pemerintah pusat melalui koordinasi Kementerian Pertanian RI dan daerah, diharapkan akan meningkatkan secara langsung dan berdampak positif terhadap peningkatan produksi. 

"Penyuluh pertanian di lapangan agar terus meningkatkan peran aktifnya dalam memotivasi petani untuk memanfaatkan teknologi tepat guna dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian," katanya.

Penyuluh pusat di Kementerian Pertanian RI, Susilo AH mengatakan bahwa hal itu sejalan dengan instruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo agar penyuluh selalu mendampingi petani untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan keluarga petani.

"Penyuluh pertanian diharapkan mendampingi petani, tanpa mengabaikan kewajiban untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pertanian modern," kata Mentan Syahrul.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi dalam berbagai kesempatan mengingatkan tentang peran penting pertanian bagi sebuah bangsa, karena setiap rakyatnya membutuhkan pangan yang hanya bisa dipenuhi oleh pertanian untuk menghasilkan kebutuhan pangan dan stabilitas nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement