Senin 08 Jun 2020 14:22 WIB

Edhy Kunjungi Nelayan dan Pembudidaya di Sulawesi

Edhy ingin memastikan produksi perikanan tetap berjalanan. 

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Agus Yulianto
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo (tengah) tiba dilokasi acara penyerahan bantuan kepada nelayan.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo (tengah) tiba dilokasi acara penyerahan bantuan kepada nelayan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja di Pulau Sulawesi untuk menyapa para nelayan dan pembudidaya. Ada empat provinsi yang akan disambangi mulai dari Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo hingga Sulawesi Utara.

Edhy menilai, perjalanan menuju Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada Senin (8/6) dan bertolak ke Pulau Popoongan, Kepulauan Bala Balakang yang lokasinya di antara Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan.

Di Pulau Popoongan, Edhy memperingati Hari Laut Sedunia dengan menanam pohon vegetasi dan memasang transplantasi terumbu karang. Dari Pulau Popoongan, Edhy melanjutkan perjalanan udara menuju Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Edhy juga dijadwalkan menyerahkan bantuan 4,5 ton ikan segar kepada masyarakat terdampak Covid-19 dan melepas ekspor perdana tuna whole beku ke Jepang pada Selasa (9/6). Selain itu, Edhy dijadwalkan mengunjungi Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat;  Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah; dan menuju Provinsi Gorontalo.

"Kedatangan Pak Menteri untuk menyapa para pembudidaya juga nelayan. Pak menteri ingin memastikan produksi perikanan tetap berjalanan sekaligus memberi dukungan kepada nelayan, pembudidaya, pelaku usaha di masa pendemi ini," ujar Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri (BHKLN) KKP Agung Tri Prasetyo dalam siaran pers di Jakarta, Senin (8/6).

Agung mengatakan, Edhy juga akan menemui pembudidaya di Gorontalo dan bertemu dengan perwakilan Badan Kerja sama Utara-Utara (BKSU) untuk membahas sektor perikanan budidaya. BKSU, kata Agung, merupakan wadah koordinasi yang beranggotakan beberapa pemda dan perguruan tinggi di kawasan utara Sulawesi, seperti Buol, Gorontalo Utara, hingga Bolaang Mongondow Utara.

Agung memastikan, kunjungan kerja Menteri Edhy mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Sebelum berangkat, kata Agung, Edhy dan rombongan melakukan test swab dan seluruh hasilnya negatif. Di perjalanan nantinya, penerapan jaga jarak dan penggunaan masker menjadi protap. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement