Rabu 03 Jun 2020 17:00 WIB

Meski Kasus Tertinggi, Jatim dan DKI Terbanyak Pasien Sembuh

Total pasien yang telah sembuh dari Covid-19 sebanyak 8.406 orang

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Hiru Muhammad
Petugas mengecek fasilitas isolasi mandiri penanganan COVID-19 di GOR Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (2/6/2020). Pemerintah menyiapkan puluhan fasilitas bilik isolasi mandiri bagi warga yang terpapar COVID-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG)
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Petugas mengecek fasilitas isolasi mandiri penanganan COVID-19 di GOR Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (2/6/2020). Pemerintah menyiapkan puluhan fasilitas bilik isolasi mandiri bagi warga yang terpapar COVID-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Meski Jawa Timur dan DKI Jakarta masih menjadi provinsi teratas yang mencatat penambahan kasus positif Covid-19 tertinggi di Indonesia per Rabu (3/6) hari ini yakni 183 kasus di Jatim, dan 82 untuk DKI Jakarta. Namun dua provinsi ini juga mencatat jumlah pasien sembuh terbanyak pada hari ini.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah penambahan pasien sembuh hari ini sebanyak 471 orang. Sehingga total keseluruhan 8.406 orang yang telah sembuh dari Covid-19.

"Kalau kita lihat Jawa Timur yang kasus positif tertinggi sebanyak 183, namun kita lihat yang sembuh hari ini adalah 100 orang, kemudian DKI meningkat 82 orang positif baru tetapi jumlah pasien sembuh hari ini adalah 187 orang," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (3/6).

Yurianto melanjutkan, provinsi Papua yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 hari ini juga mencatat penambahan pasien sembuh terbanyak ketiga, sebanyak 78 orang.

"Papua kita lihat bahwa kemarin cukup tinggi dan sekarang masih 39 positif, kalau kita lihat laporan kasus sembuh adalah sebanyak 78 orang dari total dari keseluruhan pasien sembuh adalah 8406 orang," ujarnya.

Yurianto menerangkan, meski Jawa Timur masih mencatat penambahan kasus tertinggi 183 kasus, namun penambahan hari ini justru menurun dibandingkan Selasa (2/6) kemarin yang mencatat penambahan 213 kasus.

Berbeda halnya untuk DKI Jakarta dengan 82 kasus, yang justru meningkat dibandingkan sehari sebelumnya yakni 60 kasus. Begitu juga Banten yang melonjak cukup banyak yakni 71 kasus pada hari ini dibandingkan sehari sebelumnya hanya 14 kasus.

"Banten 71 kasus dibanding dengan kemarin juga meningkat, Kalimantan Selatan 64 kasus, ini juga meningkat dibanding kemarin, untuj Papua 39 kasus ini menurun dibanding kemarin," kata Yurianto.

Selain itu, pemerintah juga mencatat ada penambahan pasien yang meninggal dunia bertambah 35 orang, menjadi total 1.698 orang.

Sementara, perkembangan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) per hari ini, yang masih secara aktif dipantau sebanyak 48.153 orang. Sementara jumlah PDP yang masih diawasi secara aktif sebanyak 13.285 orang.

Sedangkan jumlah kabupaten/kota yang melaporkan terdapat kasus Covid-19 saat ini ada 418 kabupaten kota di 34 provinsi.

"Angka ini tentu mengingatkan kita untuk saling mengingatkan kepada keluarga, tetangga kita agar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan cara seperti ini maka kita bisa bersinergi bergandeng tangan untuk bersama-sama menghadapi Covid-19," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement