Selasa 26 May 2020 09:31 WIB

Situasi Pascapandemi dan New Normal Gerakan Zakat (Bagian 1)

Situasi

Nana Sudiana (Sekjend FOZ & Direksi IZI)
Foto:

Para amil, tetaplah bersabar dan berada dalam ketaatan. Taat untuk menjauhkan diri dari dampak negatif pandemi dan taat mematuhi para ulama umat untuk bersabar tidak beribadah di masjid-masjid dan mushola.

Para amil sebaiknya jangan terprovokasi untuk ikut-ikutan keluar rumah demi melakukan hal-hal yang kurang penting. Selain untuk tetap menjaga kemungkinan terdampak, para amil juga harus tetap waspada menjaga keselamatan keluarganya.

Amil yang bertugas di lapangan tetap harus hati-hati dan mematuhi protokol keselamatan dan kesehatan yang ada, baik dalam kerangka kerja untuk melakukan penghimpunan zakat maupun pendistribusian dan pendayagunaan zakat. Yang sedang WFH atau masuk di kantor, sebaiknya tetap di rumah atau di kantor dengan tetap mematuhi anjuran menjaga kesehatan.

Para amil juga mohon jangan tergoda, ada baiknya jadi teladan. Cobalah selalu menjauhi kerumunan yang ada. Baik untuk tujuan jual beli maupun sekedar jalan-jalan. Harus dipikirkan dengan baik, ketika kita berada di kerumunan tadi, dari sekian banyak orang yang ada, bisa saja diantaranya ada yang berstatus OTG, ODP atau malah juga PDP.

Tetaplah para amil disiplin dan taat dengan aturan yang ada. Kita semua, harus mengambil inisiatif untuk berada di depan. Jadi teladan bagi keselamatan orang-orang sekitar kita. Jaga diri, ingat juga keluarga kita, orang-orang terdekat kita, lingkungan kita serta tetangga kita.

Dengan kita tetap disiplin, kita menjadi kontributor bagi salah satu upaya memutus mata rantai penularan covid-19. Kita tetap harus bersabar dengan kondisi saat ini untuk kebaikan jangka panjang.

Belajar dari Ramadhan, mestinya kita kini lebih sabar dan lebih ikhlas menghadapi covid-19. Jangan terburu nafsu dan melalaikan kesehatan dan keselamatan kita dan orang sekitar kita.

Untuk semua amil zakat yang terus berjuang di garda depan untuk membantu mustahik, selamat hari zakat nasional, 27 Ramadhan 1441 H. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua, memberi kesehatan dan kekuatan untuk terus bekerja demi kebaikan sesama.

#27 Ramadhan 1441 H

#Selamat Hari Zakat Nasional

#Selamat Hari Zakat Online Nasional

#Semoga Allah Jaga Para Amil dan Pejuang Kemanusiaan di Seluruh Negeri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement