Ahad 24 May 2020 15:06 WIB

Gempa Guncang Tasikmalaya di Hari Pertama Lebaran

Guncangan gempa yang terasa sebanyak dua kali sempat membuat panik.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Gempa bumi mengguncang wilayah Tasikmalaya pada hari pertama Lebaran, Ahad (24/5) siang. Gempa dirasakan cukup besar dan sempat membuat kaget sejumlah warga.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di Kota Tasikmalaya, guncangan gempa terjadi dua kali. Saat pertama, guncangan terasa kecil. Namun kedua kalinya, guncangan terasa lebih besar.

Baca Juga

Salah seorang warga Kota Tasikmalaya, Annisa (28 tahun) mengaku ikut merasakan guncangan gempa yang terjadi tersebut. Guncangan yang terasa sebanyak dua kali itu sempat membuat panik. "Tadi sedang nonton TV, tahu-tahu bergetar. Langsung saja saya sama suami keluar rumah," kata dia, Ahad.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada Ahad pukul 14.11 WIB itu memiliki kekuatan magnitudo 5,1. Gempa berlokasi di 8,21 LS dan 107,86 BT atau 90 kilometer arah barat daya Kabupaten Pangandaran, dengan kedalaman 13 kilomter. BMKG memastikan gempa bumi itu tak berpotensi tsunami.

Republika mencatat, selain wilayah Tasikmalaya, guncangan gempa juga terasa di wilayah Kabupaten Ciamis. Namun, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement