Jumat 22 May 2020 08:35 WIB

Satu-satunya di Priangan Timur, Tasikmalaya Kini Miliki Lab Tes PCR Covid-19

Pertama di Priangan Timur, Tasikmalaya Kini Miliki Lab Tes PCR Covid-19

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- RS Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya akhirnya memiliki labolatorium Test Cepat Molekuker (TCM). Labolatorium ini merupakan satu-satunya di wilayah Priangan Timur yang termasuk dari 3 laboratorium TCM di Jawa Barat (Jabar).

Direktur Utama RS SMC Iman Firmansyah menuturkan, TCM ini bisa mendiagnosa Covid-19 hanya waktu kurang dari satu jam atau sekitar 45 menit.

"Ini merupakan bantuan Kemenkes, di Jawa Barat baru ada 3. Dan ke depan, jadi rujukan untuk swab atau PCR di wilayah Priangan Timur, " kata Iman kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Alat TCM ini, lanjut Iman, bisa mendiagosis 4 sample sekaligus dan hasilnya akan keluar dalam waktu 45 saja. Sebelumnya, sample swab test harus dilakukan di Bandung dengan memakan waktu 7 hingga 14 hari

"Sebelumnya harus diantar dulu ke Bandung. Hasilnya baru akan keluar satu hingga dua minggu. Kalau sekarang, hasilnya hanya 45 menit. Jadi lebih cepat dalam mendiagosa Covid-19" lanjut Iman.

Nantinya, labolatorium TCM ini akan dijaga 2 pegawai yang sudah diberi pelatihan dan ilmu yang mumpuni. Penggunaannya, kata Iman, sudah dilakukan untuk menguji sample pasien Covid-19 atas nama Iman, warga Sariwangi yang pada dua hari lalu sudah dinyatakan sembuh.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement