Sabtu 23 May 2020 02:59 WIB

Ternyata Begini Agar Olahan Daging Empuk Meresap

Ternyata Begini Agar Olahan Daging Empuk Meresap

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Ternyata Begini Agar Olahan Daging Empuk Meresap
Ternyata Begini Agar Olahan Daging Empuk Meresap

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Belum lama ini viral di media sosial mengenai cara mengolah daging rendang yang empuk lewat teknik 30-30-30. Namun ternyata, ada teknik lain yang tak kalah sederhana untuk mengolah daging supaya empuk dan bumbu meresap sempurna.

Dikatakan Chef Bahran, Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort, mengolah daging supaya empuk bisa sesederhana memasukkannya ke dalam bungkusan daun pepaya sembari diberi potongan buah nanas.

"Daging supaya empuk, daging dipotong lalu bungkus dengan daun pepaya atau campur dengan parutan nanas," ujar Chef Bahran dalam diskusi daring, Rabu (20/5/2020).

Kenapa buah nanas? Kata Chef Bahran, kandungan enzim yang dimiliki nanas mampu melonggarkan ikatan pada serat daging.

"Sebab di dalam nanas terdapat enzim bromelain. Enzim ini termasuk dalam kelompok enzim protease sulfihidril yang mampu menghidrolisis ikatan peptida atau polipeptida menjadi asam amino pada protein," ujarnya.

"Enzim ini dapat menghasilkan serat pada daging sehingga membuat tekstur daging menjadi empuk dan lunak daging kambing daging sapi," tuturnya.

Setelahnya, kunci daging empuk adalah marinasi bumbu dan pemberian air saat proses masak. Usahakan biarkan bumbu meresap lebih dulu sebelum direbus dengan air.

Rentang waktu antara membiarkan bumbu meresap dan pemberian air yaitu sekitar 10 menit, sampai bumbu berubah warna.

"Ketika memasukkan daging ke dalam bumbu jangan cepat cepat di kasih air. Usahakan masak sampai berubah warna setelah itu masukan air  masak dengan api kecil sambil ditutup," tutur Chef Bahran.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement