Kamis 21 May 2020 05:08 WIB

Teknologi Hadirkan Peluang tanpa Batas Bagi Perempuan

Teknologi menghadirkan banyak kesempatan bagi perempuan untuk berkarya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Ibu dan wanita karier/ilustrasi
Foto: straighterline.com
Ibu dan wanita karier/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Informasi tanpa batas dan terkoneksi sepenuhnya menjadi kunci bagi pemberdayaaan perempuan di era digital ini.  Director of Government Affairs PT Huawei Tech Investment, Yenty Joman mengatakan kemajuan teknologi digital telah menghadirkan peluang tanpa batas bagi perempuan.

“Konektivitas yang dihadirkan oleh Huawei mendukung perempuan untuk dapat selalu berkarya dan melakukan hal-hal yang menginspirasi kapanpun dan di manapun,” dalam acara Workshop and Sharing Session InspiraShe, Empowering Woman to Innovate, Inpspiring Women in 4.0 Era, yang diselenggarakan Republika dan Huawei, Rabu (20/5).

Baca Juga

Kendati demikian, Yenti mengingatkan bahwa hal tersebut juga menuntut tanggung jawab baru. Perlu peningkatan literasi digital bagi kaum perempuan serta lebih bijak dalam menyaring informasi yang saat ini mengalir begitu deras.

“Perempuan sekarang harus lebih peduli dengan masalah keamanan di dunia digital serta bijak dalam mencari informasi, khususnya di media sosial. Jangan sampai termakan hoaks," kata Yenty.

Huawei yang saat ini beroperasi di lebih dari 170 negara meyakini bahwa perempuan memiliki kemampuan untuk bekerja di industri teknologi komunikasi. Bahkan mendorong perempuan untuk menapak jenjang karir yang lebih tinggi.

Yenty mencontohkan, di Huawei, kaum perempuan mendapatkan kesempatan yang sama dengan pria untuk berkarya dan mengembangkan diri. Sebagai gambaran, jumlah karyawan perempuan mencapai 20 persen dari total total karyawan Huawei sebanyak 194 ribu orang.

Dia mengatakan bukan hal aneh melihat banyak perempuan yang saat ini berkarir dan sukses di berbagai bidang, termasuk teknologi yang selama ini diasosiasikan dengan kaum pria. Teknologi telah membantu memunculkan perempuan-perempuan inspirasional di dunia internasional maupun di dalam negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement