Selasa 19 May 2020 21:21 WIB

PSBB Parsial Cianjur Diperpanjang di 16 Kecamatan

Perpanjangan PSBB parsial Cianjur diajukan satu hari sebelum tahap pertama berakhir.

Foto Ilustrasi. PSBB di Cianjur diperpanjang di 16 kecamatan. Sebelumnya kebijakan diberlakukan di 18 kecamatan.
Foto: ANTARA/fauzan
Foto Ilustrasi. PSBB di Cianjur diperpanjang di 16 kecamatan. Sebelumnya kebijakan diberlakukan di 18 kecamatan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) parsial yang sebelumnya di 18 kecamatan menjadi 16 kecamatan. Perpanjangan karena mayoritas wilayah dinilai masih rawan penyebaran corona akibat aktivitas warga masih tinggi, termasuk jumlah pemudik yang datang.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Informatika Tedi Artiawan mengatakan, perpanjangan PSBB parsial tersebut telah diajukan satu hari sebelum habisnya PSBB parsial tahap awal (6 sampai 19 Mei) ke Kementerian melalui Pemprov Jabar.  Karenanya otomatis langsung diperpanjang.

"Surat perpanjangan sudah dilayangkan satu hari sebelumnya, sehingga otomatis PSBB parsial di Cianjur, masuk tahap dua berlaku sampai tanggal 2 Juni. Peraturan dan penyekatan yang dilakukan masih sama dengan tahap awal, hanya dua kecamatan sudah tidak berlaku di Kecamatan Agrabinta dan Cidaun," katanya.

Tedi menjelaskan, PSBB parsial tahap dua tersebut akan lebih diperketat dengan berbagai cara guna meningkatkan kepatuhan dan ketaatan warga sebagai upaya membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Terutama, dengan meningkatkan pola hidup sehat serta tidak keluar rumah, menerapkan jaga jarak saat aktivitas di luar rumah.

Terkait masih longgarnya pemeriksaan di perbatasan, Satgas Covid-19 bersama Forkopimda Cianjur, akan mencari solusi agar lebih diperketat dengan berbagai sanksi tegas yang akan diterapkan. 

"Harapan kami seluruh lapisan masyarakat dapat mematuhi semua larangan dan anjuran pemerintah agar pandemi Corona dapat berakhir dan Cianjur bebas dari Covid-19," katanya.

PSBB parsial akan diperpanjang di 16 kecamatan di antaranya Pacet, Cipanas, Cianjur, Cugenang, Bojongpicung, Cibeber, Cikalongkulon, Cilaku, Ciranjang, Gekbrong, Haurwangi, Karang Tengah, Mande, Sukaluyu, Sukaresmi dan Warungkondang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement