Rabu 20 May 2020 02:42 WIB

Sultan HB X: Covid-19 Buat Masyarakat Semakin Peduli

Sultan menilai masyarakat menjadi semakin peduli dengan lingkungan dan sesama.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai situasi pandemi Covid-19 telah menuntun masyarakat menjadi semakin peduli dengan lingkungan dan sesama.

"Kita semakin sadar lingkungan. Kita menjadi lebih peduli dengan sesama insan di dunia, melintasi batas negara, agama, ras dan perbedaan apa pun di mana kita dulu terpenjara di dalamnya," kata Sultan dalam program #SultanMenyapa Jilid 6 dengan judul "Membuka Misteri Ilahi, Menggapai Keberkahan" di Yogyakarta, Selasa (19/5)

Tidak hanya itu, kata Sultan, masyarakat yang awam pun dengan adanya pandemi ini menjadi muncul kreativitasnya untuk bertahan hidup.

"Di balik keprihatinan itu semua, ada hikmah dari Yang Maha Kuasa, banyak ditemukan pengetahuan medis yang dulu menjadi rahasia Ilahi. Kini kita bisa membaca teks alami yang selama ini masih misteri," kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

Menurut Sultan, berbagai upaya penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi medis, kebiasaan memakai masker, cuci tangan, jaga jarak serta menghindari kerumunan belum cukup mengatasi pandemi Covid-19.

Keberhasilan akan bisa tercapai, kata dia, hanya jika masyarakat dapat menghambat merambatnya virus melalui transmisi lokal dengan cara isolasi lokal pula.

"Saya yakin, jika ikhitiar itu semua didukung oleh semangat 'saiyeg saeka kapti' (kebersamaan) dengan menajamkan naluri dan mengasihi sesama, ada harapan kita akan berhasil mengatasi pandemi ini," kata dia.

Kendati perjuangan untuk melawan Corona masih panjang, Sultan memiliki keyakinan bahwa pada saatnya nanti masyarakat bisa berkumpul kembali dengan sahabat dan kerabat, bersama keluarga tanpa dibatasi jarak.

"Di saat-saat menjelang datangnya malam seribu bulan ini, semoga keberkahan dan keutamaannya dianugerahkan kepada kita, dengan menyingkirnya wabah ini dari Bumi Nusantara. Insya Allah, jika kita berikhtiar," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement