Selasa 19 May 2020 11:31 WIB

Makanan Khas Idulfitri dari 8 Negara, dari Rusia hingga Somalia

Makanan Khas Idulfitri dari 8 Negara, dari Rusia hingga Somalia

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah negara memiliki makanan khas saat Idulfitri. Makanan ini biasa dihidangkan saat kumpul bersama sanak keluarga.

Metro melansir sejumlah makanan khas yang biasa dimakan saat hari raya di berbagai negara.

Pertama, di Suriah, umat Muslim akan menyempatkan berkumpul bersama dan makan puding khas bernama Mamounia. Puding yang bisa disajikan dingin atau hangat itu dihiasi dengan kayu manis dan almond cincang. Biasanya, Mamounia akan tetap hadir meski suasana Suriah masih dibombardir pertempuran.

AYO BACA: Empat Alasan Istri Selingkuh

AYO BACA: Alasan Ilmiah Mengapa Pria Gemar Selingkuh

AYO BACA: Survei: Profesi yang Cenderung Mudah Berselingkuh

Kedua, di Mesir, orang-orang biasanya makan kurma dan susu di pagi hari Id. Selain itu, ada Kahk yang merupakan kue kering isi madu.

Ketiga, di Yaman, makanan khasnya muncul saat makan siang. Bint Alsahan adalah salah satunya. Kue manis ini dibuat dengan adonan berlapis-lapis dan disiram dengan madu dan nigella seed.

Keempat, di Afganistan, Id adalah milik anak-anak karena banyak sekali makanan manis. Selain itu, ada Bolani yang merupakan roti datar isi bayam, labu, kentang atau lentil hijau.

Kelima, di Rusia yang merupakan rumah bagi 16 juta muslim, ada pangsit khas isi daging domba atau sapi. Biasanya orang-orang berkumpul di keramaian dan merayakannya bersama, seperti di Masjid Raya Moskow.

AYO BACA: 3 Hal yang Mengurangi Nilai Puasa

AYO BACA: Ini Makanan yang Dikonsumsi Rasululah Saat Sahur dan Buka Puasa

AYO BACA: 4 Jenis Puasa yang Diharamkan

Keenam, di Sudah, Id dirayakan dengan saling berkunjung ke tetangga sambil membawa makanan manis. Keluarga Muslim di sana biasanya menikmati sepiring Aseeda bersama. Makanan ini terbuat dari gandum dan disajikan dengan saus tomat.

Keenam, di Cina, populasi Muslim di sana mengakhiri Ramadan dengan makan You Xiang. Makanan ringan ini pada dasarnya adalah tepung goreng dan dimakan dengan sup atau nasi.

Ketujuh, di Malaysia, keluarga Muslim berbagi makanan yang disebut Luih. Kue ini berwarna-warni dan dibuat dari mentega, telur, tepung dan gula. Mirip seperti di Indonesia yang terkenal dengan beragam kue-kue keringnya.

AYO BACA: Unik! Bayi Kembar di India Diberi Nama Corona dan Covid

AYO BACA: Unik! Salon di Kenya Ciptakan Gaya Rambut Corona

AYO BACA: Sering Tak Disadari, Kenali Ciri Anda Berada dalam Toxic Relationship

Kedelapan, di Somalia, Muslim mempersiapkan roti khusus Id yang disebut Cambaabur. Makanan ini terbuat dari tepung gandung dan ditaburi dengan gula, juga disajikan dengan yoghurt.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement