Kamis 14 May 2020 04:31 WIB

Rapid  Test di Pasar Karawang, Dua Orang Reaktif

Kedua pengunjung reaktif Iangsung dibawa ke RS Paru Jatisari untuk uji swab.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Friska Yolandha
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Karawang melakukan rapid test secara acak di tempat umum. Kali ini dilakukan di Pasar Baru Kabupaten Karawang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Yayuk Sri Rahayu mengatakan Peserta rapid test massal dari berbagai kalangan mulai pedagang maupun pengunjung dari masyarakat umum. Dua orang diketahui reaktif setelah menjalani rapid test.

Baca Juga

“Hari ini 98 orang ikut rapid test massal. Hasilnya dua orang reaktif,” kata Yayuk, Rabu (13/5).

Ia mengatakan Setelah didapati reaktif, kedua pengunjung tersebut Iangsung dibawa ke RS Paru Jatisari untuk dilakukan pengambilan sampel dan uji swab. Setelah itu, tim gugus tugas Iangsung melakukan tracing kepada keluarga sebagai kontak erat.

Menurutnya status keduanya masih reaktif rapid test dan harus dilakukan pengecekkan lebih Ianjut. Ini untuk memastikan bahwa kedua orang itu benar-benar positif atau tidak.

”Kami ingin mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Tetap lakukan protokol kesehatan saat keluar rumah, seperti menggunakan masker dan berjaga jarak dengan Iainnya,” tuturnya.

Ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan rapid test secara acak. Hal tersebut dilakukan di tempat-tempat pusat keramaian yang masih beroperasi selama PSBB untuk dilakukan screening awal.

Sementara, untuk perkembangan Covid-19 di Karawang, Yayuk merilis jumlah total positif terinfeksi virus corona hingga Selasa (12/5). Setelah dilakukan uji lab swab, sebanyak 19 orang positif Covid-19 dan 15 telah sembuh. Jumlah korban meninggal dunia sebanyak 16 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement