Rabu 13 May 2020 00:16 WIB

RSUI Depok Layani Pemeriksaan Swab Covid-19 Drive Thru

Peserta swab tidak perlu meninggalkan kendaraan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Friska Yolandha
Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka layanan pemeriksaan swab Covid-19 melalui drive thru.
Foto: ANTARA FOTO
Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka layanan pemeriksaan swab Covid-19 melalui drive thru.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka layanan pemeriksaan swab Covid-19 melalui drive thru. Tes swab tersebut akan dilakukan di area parkir Gedung RSUI, Kampus UI Depok.

"Layanan swab PCR drive thru bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendeteksi diri dari penularan virus corona dengan cepat dan mudah," ujar Direktur Utama RSUI, dr Astuti Giantini dalam siaran pers, Selasa (12/5).

Baca Juga

Dia menambahkan, dengan layanan swab PCR drive thru diharapkan warga tidak perlu keluar dari mobil sehingga melindungi orang yang melakukan tes. "Hal ini juga untuk menekan penyebaran virus karena mereka tidak perlu keluar dari mobil," tegas Astuti.

Menurut Astuti, proses pengambilan swab dilakukan dengan cepat oleh tenaga medis yang sudah terlatih. Sampel swab yang telah diambil akan diuji di Laboratorium Terpadu RSUI dan hasil pemeriksaan akan dikirimkan via Whatsapp.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan swab PCR Covid-19, dapat mengikuti tata caranya, yakni, dengan melakukan pendaftaran dan pengisian formulir melalui pesan WA di nomor 081291139113 (maksimal H-1, pukul 15.00). Kemudian, peserta melakukan pembayaran via transfer bank, verifikasi oleh petugas. Pasien akan menerima notifikasi jadwal pemeriksaan, kemudian datang ke RSUI sesuai jadwal pemeriksaan. Petugas akan mengambil sampel swab dan hasil pemeriksaan dikirimkan via Whatsapp.

"RSUI membuka layaanan pemeriksaan swab PCR RSUI setiap hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00-12.00 (dengan perjanjian)," terang Astuti.

Selain itu, jelas Astuti, RSUI juga melayani pemeriksaan rapid test melalui drive thru. Petugas medis akan melakukan pengambilan sampel darah dengan pasien tetap berada di dalam mobil.

Mekanisme pendaftaran rapid test drive thru sama seperti halnya pemeriksaan swab PCR. Pasien harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan jadwal pemeriksaan.

"Dengan adanya layanan pemeriksaan virus corona melalui drive thru, RSUI memastikan masyarakat mendapatkan penanganan yang baik sesuai prosedur protokol kesehatan Covid-19," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement