Ahad 10 May 2020 06:17 WIB

Jumlah Warga Miskin Baru di Jabar Mencapai 1,7 Juta Jiwa

Jumlah Warga Miskin Baru di Jabar Mencapai 1,7 Juta Jiwa

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Jumlah Warga Miskin Baru di Jabar Mencapai 1,7 Juta Jiwa
Jumlah Warga Miskin Baru di Jabar Mencapai 1,7 Juta Jiwa

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Jumlah warga miskin baru di Jawa Barat mencapai 1,7 juta jiwa. Pemprov Jabar menyalurkan 71.254 paket bantuan bagi warga Kabupaten Cirebon, Sabtu (9/5/2020).

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menyebut, bantuan sosial kali ini merupakan tahap kedua yang diberikan bagi warga terdampak Covid-19.

"Saat ini di Jabar tercatat 8 juta warga miskin. Dari jumlah itu, 1,7 juta jiwa di antaranya warga miskin baru," ungkapnya di sela peluncuran distribusi bantuan Pemprov Jabar di Kantor Pos Sumber, Sabtu (9/5/2020).

Dia meyakinkan, seluruhnya beroleh bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Dengan jumlah penerima mencapai 71.254 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Cirebon, pihaknya berharap tak ada gejolak yang mencuat.

Dia mengingatkan, bantuan dari Pemprov bukan untuk semua masyarakat di Jabar, melainkan hanya untuk warga yang terdaftar dan memenuhi syarat.

"Bantuan ini untuk meminimalisir dampak Covid-19 sehingga kami harap tak ada kegaduhan selama penyalurannya," pinta mantan Bupati Tasikmalaya ini.

Selain kebijakan program bantuan, diketahui Pemprov telah mengeluarkan kebijakan terkait kesehatan. Rencananya, Pemprov akan mengeluarkan kebijakan terkait padat karya.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi merinci, para penerima bantuan kali ini terdiri dari 10.675 keluarga berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan 60.579 keluarga dari non-Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (non-DTKS).

Bantuan yang diberikan berupa bahan pangan senilai Rp350.000 dan uang tunai Rp150.000.

"Bantuan dari Pemprov akan diberikan selama empat bulan ke depan," tuturnya.

Selain bantuan dari Pemprov, Pemkab Cirebon pula diketahui bakal memberi bantuan bagi 46.848 keluarga lainnya. Bantuan berupa bahan pangan yang terdiri dari beras, gula pasir, dan minyak goreng.

Bantuan dari Pemkab Cirebon akan diberikan selama tiga bulan. Hanya, distribusinya masih menunggu kesiapan Bulog yang sampai kini masih membantu menyiapkan bantuan dari Pemprov Jabar.

Bantuan sendiri disalurkan Kantor Pos Kabupaten Cirebon yang direncanakan 2.200 paket/hari. Penyaluran dimulai hari ini, baik oleh petugas pos maupun ojek online (ojol).

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement