Jumat 08 May 2020 05:25 WIB

Hasil Rapid Test 316 Warga Makassar Reaktif Covid-19

Dinkes Makassar menggelar 6.000-an rapid test, dan hasilnya 316 orang reaktif corona.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin.
Foto: Antara
Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat selama proses rapid test tahap dua dilaksanakan sejak 23 April 2020, terdapat ratusan orang yang hasilnya reaktif Covid-19. "Dari 10 ribu alat rapid test yang ada, telah digunakan 6.000-an. Hasilnya ada 316 orang reaktif," sebut Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin di Posko Induk Covid-19 Makassar, Kamis (7/5).

Menurut dia, dari hasil tersebut menunjukkan penyebaran virus corona sudah melalui transmisi lokal atau penularan wilayah setempat. Kendati demikian, Naisyah menegaskan, jajarannya terus melakukan tracing kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien tersebut.

Selain itu, pihaknya kembali mengajak warga kota bagi yang memiliki gejala Covid-19, bisa langsung memeriksakan diri di puskesmas terdekat, mengingat alat rapid test sudah disediakan pemerintah untuk pemeriksaan serta diketahui statusnya.

Selanjutnya, untuk penanganan pasien terkonfirmasi positif maupun sudah melakukan rapid test berstatus reaktif, akan dibawa ke hotel Swis Bell in yang disediakan Pemerintah Provinsi Sulsel guna menjalani isolasi selama 14 hari. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Pihaknya berharap apabila daya tahan tubuh pasien selama masa isolasi itu baik, tentu diperkirakan statusnya bisa menjadi negatif saat rapid test berikutnya.

"Pasien yang sudah rapid test ini, kita intervensi gizinya dan istirahat total di hotel yang sudah disediakan. Nantinya, setelah masa isolasi akan berakhir maka di rapid test ulang dan tidak mesti tes swab, selanjutnya bisa pulang," kata Naisyah.

Namun bila rapid test nanti hasil positif, kata Naisyah, maka dilanjutkan ke tindakan tes swab guna memastikan status pasien, selanjutnya ditambah masa isolasi. Dan bilamana kondisi kesehatan pasien turun, langsung dirujuk ke rumah sakit yang menangani Covid-19 untuk dirawat intensif.

Meski begitu, masih banyak pasien yang belum sadar untuk diisolasi di hotel dan memilih isolasi mandiri, padahal kondisi tempat tinggalnya tidak mendukung standar penanganan virus korona baru itu. "Kalau kondisi rumahnya berlantai dua misalnya, dan tinggal berdua itu bisa saja isolasi mandiri. Tapi kalau kondisi rumahnya sempit dan banyak orang di keluarganya, apalagi hanya satu toilet, tentu sangat riskan penularannya. Makanya diminta isolasi di hotel," ucap Naisyah.

Oleh karena itu, diprioritaskan pasien seperti itu isolasi di hotel, selain memenuhi syarat standar penanganan Covid-19, juga menghindari penularannya baik di keluarga maupun tentangganya, mengingat saat ini penyebarannya sudah transmisi lokal.

Data pemantauan perkembangan Covid-19 melalui situs infocorona.makassar.go.id, Kamis, 7 Mei 2020, tercatat mengalami peningkatan 14 kasus. Jumlah data pada Selasa, 5 Mei, 2020 sebanyak 440 kasus positif, dan hari ini mencapai 454 positif

Dari jumlah 454 kasus itu, 235 orang masih dirawat, 185 orang sembuh dan 34 orang meninggal. Sedangkan status pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 464 kasus, 177 masih dirawat, 222 sehat dan pulang, meninggal dunia 68 orang. Untuk orang dalam pemantauan (ODP) masih dipantau 101 orang dan 881 orang selesai dipantau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement