Kamis 07 May 2020 02:14 WIB

Pemudik dari Luar Negeri Mulai Jalani Karantina

Dua pekerja migran Indonesia yang pulang ke Solo dan akan langsung di karantina

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Petugas medis menyiapkan fasilitas baru
Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Petugas medis menyiapkan fasilitas baru

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Pemudik dari luar negeri yang mudik ke Solo mulai tiba pekan ini. Mereka langsung dikarantina di Grha Wisata Niaga. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, mengatakan, ada dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Arab Saudi pulang ke Solo pada Senin (4/5).

Dua warga tersebut memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Solo tepatnya di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres. Ahyani menyatakan tidak membedakan pemudik dari dalam negeri atau luar negeri. Semuanya harus menjalani karantina di Grha Wisata Niaga selama 14 hari.

"Meski sudah menjalani karantina mandiri di Jakarta misalnya, mereka tetap harus dikarantina lagi di Solo," ucapnya kepada wartawan, Selasa (5/5).

Menurutnya, informasi kedatangan pemudik dari luar negeri sudah diterima dari Direktorat Jendral Imigrasi. Selain tenaga kerja migran, juga terdapat warga negara Indonesia asal Solo yang selama ini menetap di luar negeri. Negara-negara tersebut di antaranya, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Timur Tengah, Hongkong, Jerman, dan lainnya.

 

"Ada yang menetap dan bekerja di sana. Ada pula yang bekerja di kapal pesiar. Mereka datang pekan ini dan pekan depan," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement