Rabu 29 Apr 2020 14:28 WIB

Dinas UKM DKI Produksi 2 Juta Masker per Pekan

Produksi masker dengan melibatkan UKM dan IKM di rusun dan rutan se-DKI.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan
Berdayakan UMKM mitranya memproduksi masker untuk penanganan Covid-19.
Foto: Pertamina
Berdayakan UMKM mitranya memproduksi masker untuk penanganan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjanjikan warga DKI Jakarta akan mendapatkan dua masker kain gratis. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, produksi masker ditarget sebanyak 173.674 per hari atau 1.042.044 masker per pekan.

"Kami juga memberdayakan UKM dan IKM di rusun hingga rutan se-DKI. Total produksi masker selama dua pekan diperkirakan 2.084.088 buah masker," kata Ratu.

Ratu menjelaskan, masker kain produksi IKM dan UKM binaan ini terdiri dari tiga lapis yang dapat melindungi mulut dan hidung secara baik untuk mencegah penularan Covid-19. Masker kain ini praktis digunakan untuk sehari-hari karena halus, nyaman, dapat dicuci ulang, dan sepat kering.

"Pendistribusiannya akan dilakukan oleh Perumda Pasar Jaya," ujar dia.

Menurutnya, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) aktivitas luar rumah dibatasi, setiap orang juga wajib mengenakan masker, dan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Penggunaan masker saat keluar rumah diwajibkan bagi seluruh warga DKI Jakarta dalam rangka mengurangi potensi penularan Covid-19," kata dia.

Ratu menambahkan, masker yang diproduksi pun sudah memenuhi standar kesehatan. Dimana masker kain bisa dicuci dengan deterjen sebelum digunakan pertama kali, dan dicuci kembali dengan diberi alkohol bila telah dipakai.

"Tidak kalah penting, pastikan masker kain tidak lembab atau basah, dan cuci masker dengan baik," imbuhnya.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Barat Nuraini Sylviana mengatakan, pihaknya menggerakkan UKM binaan di Jakbar dmei menggerakkan perekonomian masyarakat yang lesu saat ini. Ia mengatakan PPKUKM Jakbar mendapatkan tugas memproduksi 400 ribu masker kain.

Dia menambahkan, pembuatan 400 ribu masker ini memberdayakan sebanyak 78 IKM binaan yang tersebar di delapan kecamatan di Jakarta Barat. Para IKM ini diberi tugas menjahit masker, sedangkan bahannya berasal dari Sudin PPKUKM Jakarta Barat.

Bila telah jadi, 400 ribu masker tersebut selanjutnya akan dibawa ke Dinas PPKUKM DKI Jakarta untuk dibagikan secara gratis melalui BUMD DKI hingga ke RT/RT di rumah warga yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement