Senin 27 Apr 2020 23:47 WIB

Orang Tanpa Gejala Covid-19 di Malut Capai 429

Terjadi peningkatan secara signifikan sebanyak 86 orang tanpa gejala (OTG) di Malut.

Seorang petugas beristirahat di sebuah kawasan rumah sakit. Ilustrasi
Foto: Antara/Fauzan
Seorang petugas beristirahat di sebuah kawasan rumah sakit. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan berdasarkan hasil pengolahan data Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan KKP Kelas III Ternate, tercatat orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di Malut mencapai 429 orang.

"Untuk hari ini, jumlah status OTG dari 429 orang itu terjadi peningkatan secara signifikan sebanyak 86 orang hasil tracking kontak pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr Alwia Assagaf, M.Kes di Ternate, Senin (27/4).

Dia menyatakan, status OTG alami peningkatan yakni di Kota Ternate mencapai 157 orang, disusul Kota Tidore Kepulauan 123 orang, Halmahera utara 76 orang, Halmahera Selatan 67 orang, Halmahera Barat lima orang dan Halmahera Tengah satu orang, sedangkan empat kabupaten lainnya tidak memiliki status OTG.

Selain itu, hingga hari ini, Gugus Tugas mencatat orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 203 orang atau terjadi pengurangan sebanyak 12 orang secara kumulatif, hal ini karenatelah selesainya masa pemantauan selama 14 hari serta telah terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak enam orang.

Menurut Alwia, untuk pasien dalam lengawasan (PDP) mencapai enam orang atau ada penurunan sebanyak enam orang, karena telah terkonfirmasi positif Covid-19 dan ada penambahan satu orang dari Kota Ternate.

Tim Gugus Tugas juga mencatat, untuk pemeriksaan rapid test sampai hari ini telah dilakukan pemeriksaan terhadap 1.366 orang dan diperoleh hasil 86 orang reaktif yakni OTG 34 orang, ODP 26 orang, PDP dua orang dan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit mencapai 19 orang, sedangkan 1.280 orang dengan hasil rapid tes non reaktif.

"Saat ini menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie sebanyak 12 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 termasuk satu orang dari Demak Jawa Tengah dan menjalankan karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 12 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19, OTG 26 orang, ODP 11 orang dan pelaku perjalanan lima orang," katanya.

Sedangkan untuk pengiriman specimen laboratorium ke BBLK Makassar sebanyak 51 spesiman yang terdiri dari status OTG 23 orang, ODP 11 orang dan pelaku perjalanan 7 orang serta 10 orang hasil flow-up tim Gugus Tugas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement