Selasa 28 Apr 2020 00:26 WIB

BMKG Perkirakan Musim Kemarau di Jabar Akhir Mei

Saat ini, kondisi cuaca masih dalam musim hujan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Bersepeda Saat Hujan. Ilustrasi
Foto: Pixabay
Bersepeda Saat Hujan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memperkirakan musim kemarau akan berlangsung pada akhir Mei sedangkan pada awal dan pertengahan Mei masa peralihan atau pancaroba. Saat ini, kondisi cuaca masih dalam musim hujan.

"Saat ini masih di musim hujan. Secara umum, Jabar akan memasuki musim kemarau di akhir Mei sehingga Mei adalah masa pancaroba atau peralihan," ujar Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya saat dihubungi, Senin (27/4).

Baca Juga

Saat masa pancaroba, ia mengungkapkan berpotensi terjadi angin kencang skala lokal dengan waktu kejadian yang singkat kurang dari 10 menit dan berada di wilayah tertentu. Menurutnya, kondisi tersebut akan terjadi pada siang dan sore hari.

Pada masa itu, Tony mengimbau masyarakat untuk memangkas cabang pohon yang terlalu rimbun dan membersihkan saluran air. Sebab katanya, potensi hujan lebat akan terjadi dalam durasi singkat kurang dari 1 jam.

"Puncak musim kemarau diperkirakan akan berlangsung pada Agustus mendatang," ungkapnya.

Berdasarkan data BMKG, kondisi prakiraan cuaca di wilayah Jawa Barat, Senin (27/4) yaitu pagi hari relatif cerah dan berawan sedangkan yang berpotensi hujan ringan dan sedang disebagian wilayah Bekasi, Subang, Karawang, Bogor, Depok, Purwakarta, Bandung, Indramayu, Majalengka. Selain itu di Sumedang, Ciamis, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon dan Cianjur.

Sedangkan siang dan sore hari secara umum berawan hingga hujan ringan. Sedangkan yang berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang,  Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Subang, Bandung, Sumedang, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis dan Garut.

Malam hari, secara umum cerah berawan hingga berawan dan yang berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang,  Purwakarta, Subang, Sumedang dan Garut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement