Senin 20 Apr 2020 23:24 WIB

IDI: Masyarakat tak Perlu Khawatir dengan Tenaga Medis

IDI mengatakan tenaga medis yang bertugas telah dilengkapi APD sesuai standar.

Tenaga medis (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tenaga medis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Palembang, Dr. dr. Zulkhair Ali mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir terhadap tenaga medis saat pandemi Covid-19 saat ini. Zulkhair mengatakan dalam bertugas merawat pasien Covid-19, tenaga medis telah dilengkapi alat pelindung diri sesuai standar untuk mencegah mereka tertular virus corona.

"Dokter dan perawat itu sudah dibekali alat pelindung diri saat merawat pasien Covid-19. Jadi kekhawatiran yang selama ini terjadi tidak perlu lagi karena mereka bekerja sesuai prosedur atau SOP.," kata Zulkhair kepada wartawan melalui aplikasi daring zoom di Palembang, Senin (20/4).

Baca Juga

Memang, tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 punya risiko tinggi tertular virus yang mematikan itu. Oleh karena itu mereka dibentengi dengan alat pelindung diri yang sudah standar dalam mengantisipasi paparan virus tersebut.

Namun, bila ada tenaga medis yang terpapar virus tersebut mereka diisolasi baik mandiri maupun di rumah sakit yang ditunjuk. Mereka tidak diperbolehkan bertugas dan praktik karena diwajibkan isolasi, ujar dia.

"Sudah menjadi risiko tenaga medis dalam menjalankan tugas walaupun adanya pandemi virus corona," katanya.

Dalam kesempatan itu dia mengharapkan masyarakat selalu mengikuti arahan pemerintah seperti rutin mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir dan menjaga jarak satu sama lain sebagai upaya mengantisipasi paparan virus Covid-19 tersebut, katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement