Ahad 19 Apr 2020 21:45 WIB

Perjalanan Pasien Corona Demak, dari Jakarta Hingga Ternate

Saat ini Z menjalani isolasi di RSUD Chasan Boesoerie Ternate.

Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan, seorang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 berinisial Z berusia (48 tahun) asal Demak, Jawa Tengah sempat melarikan diri ke Halmahera Utara (Halut). Namun Z berhasil diamankan saat akan ke Ternate.

"Pasien ini kami harus umumkan ke publik, sehingga ada yang melakukan kontak dapat menyampaikan ke tim Gugus Tugas atau RSU terdekat, karena Z, pria asal Demak, Jawa Tengah, yang berdagang di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara terkonfirmasi positif COVID-19 usai kembali dari daerah terjangkit dan diketahui melarikan diri ke Malut," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Ahad.

Baca Juga

Menurut dia, sesuai pada 18 April 2020 pukul 09.00 wib di Balai desa Tanggul telah dilaksanakan kroscek pasien positif Covid-19 dengan alamat Desa Tanggul RT 2 RW 4 meninggalkan Demak menuju Malut.

Dari hasil pengecekan terhadap pasien pasitif Covid-19 ternyata orang tesebut sudah berangkat ke Malut. Setelah transit tiga hari di Jakarta, pria asal Demak mengeluh sakit.

Pada 3 April 2020 menjalani opname ke RSU Lukmonohadi Kudus selama empat hari dengan riwayat pernah sakit malaria. Setelah dinyatakan sembuh oleh dokter dan diperbolehkan pulang, pada 12 April 2020 bersangkutan kembali ke Malut dan tinggal di Desa Gosoma, Tobelo Halmahera Utara untuk berdagang.

Pada 17 April 2020 Dinkes Demak melalui Puskesmas Mijen 1 menyatakan bahwa pria berinisial Z ini positif Covid-19.

Alwia menambahkan, saat ini, pria berinisial Z yang dijemput langsung di Sofifi kini telah menjalani isolasi di RSUD Chasan Boesoerie Ternate.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Halut, Deki Tawaris dihubungi mengatakan pasien merupakan pendatang dari luar daerah yang tinggal di Desa Rawajaya karena berdagang.

Tapi saat dicari bersangkutan telah kembali ke Ternate melalui Sofifi. Namun berhasil dicegat tim kesehatan saat berada di kamar penginapan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement