Ahad 05 Apr 2020 18:40 WIB

Pasien Positif Corona di Sumbar Jadi 17 Orang

Tiga orang positif corona baru tidak dirawat di rumah sakit, namun isolasi mandiri.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit.
Foto: Republika/Mimi Kartika
Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pasien yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Sumatra Barat bertambah tiga orang dari sebelumnya 14 menjadi 17 orang. "Informasinya memang ada tambahan tiga positif COVID-19 di Sumbar. Hari ini total 17 orang positif," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar Jasman di Kota Padang, Ahad (5/4).

Menurut Jasman, tiga orang tersebut tidak dirawat di rumah sakit, namun isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat oleh petugas kesehatan. Menurutnya, tambahan tiga kasus positif itu setelah laboratorium Fakultas Kedokteran Unand kembali memeriksa spesimen pasien. Sebelumnya pemeriksaan terhenti karena kehabisan stok reagen. "Reagen sudah ada lagi sehingga pemeriksaan bisa dilakukan kembali," kata Jasman.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, dalam pekan ini, rumah sakit rujukan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) dan positif corona akan bertambah satu, yaitu RS Universitas Andalas di Limau Manis. Dengan demikian, ada tiga rumah sakit rujukan kasus virus corona, yaitu RSUP M Djamil Padang, RS Achmad Muctar Bukittinggi, dan RS Unand.

Sementara dua rumah sakit lagi, yakni RSUD Pariaman dan RSUD Padang juga disiapkan untuk menerima pasien yang diduga terpapar virus corona. Data gugus tugas penanganan Covid-19 Sumbar, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di mencapai 3.454 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 73 orang, dan 17 positif corona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement