Jumat 03 Apr 2020 22:46 WIB

Bantu Tangani Corona, OYO Sediakan Hotel Bagi Tenaga Medis

Hotel gratis diberikan untuk staf medis dari RSPAD Gatot Subroto.

Rep: iit septyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim medis melakukan penanganan terhadap seorang pasien saat simulasi penanganan pasien virus Corona. ilustrasi
Foto: FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO
Tim medis melakukan penanganan terhadap seorang pasien saat simulasi penanganan pasien virus Corona. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jaringan akomodasi OYO Hotels and Homes Indonesia mengalokasikan salah satu hotelnya sebagai tempat tinggal bagi para tenaga medis. Dengan begitu para garda terdepan dalam penanganan corona ini tetap bisa mendapatkan akomodasi fasilitas layak dan nyaman selama bertugas.

Country Head OYO Hotels and Homes Indonesia Alfian Lim, mengatakan, OYO mempermudah akses mereka untuk menginap, membersihkan diri, maupun hanya sekedar melepas lelah di tengah kondisi sulit ini. "Kami berharap kontribusi ini setidaknya dapat membantu mereka tetap dapat menjaga kondisi fisik, beristirahat yang cukup, dan nyaman di tengah padatnya aktivitas," ujar dia melalui siaran pers pada Jumat, (3/4).

Baca Juga

Alfian berharap pula, fasilitas ini dapat menjadi salah satu solusi di tengah kekhawatiran para tenaga medis yang terpaksa harus menjaga jarak dengan keluarga atau kerabat terdekat. Sebab, selama bekerja mereka harus berinteraksi langsung dengan pasien positif corona.

Inisiatif penyediaan akomodasi ini ditargetkan bagi staf dan tenaga medis di salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19, yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto. "Pandemi ini merupakan kejadian luar biasa yang mengharuskan para tenaga medis bekerja ekstra sekaligus terdepan dalam penanganan," ujar Dirbinum Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Kolonel Dokter Abraham Arimuko.

Menurutnya, selain lelah secara fisik dan mental, lokasi tempat tinggal yang cukup jauh dari rumah sakit turut menjadi salah satu hambatan. Maka, kata dia, dukungan dari berbagai pihak yang ditujukan bagi tenaga medis sangat dibutuhkan.

"Ini agar kami dapat terus fokus menjalankan tugas kami. Kami sangat mengapresiasi inisiatif OYO dalam memberikan akomodasi bagi tenaga medis, terlebih lokasinya yang relatif terjangkau sehingga memungkinkan kondisi fisik para tenaga medis tetap terjaga," ujar Dokter Abraham.

Inisiatif ini sebelumnya juga telah diberlakukan di berbagai wilayah operasional OYO yang terdampak Covid-19 seperti India, Malaysia, dan Amerika Serikat. Tujuannya supaya para staf hotel dapat bekerja tenang dan nyaman selama masa sulit ini.

OYO juga memberikan pembekalan informasi kepada para karyawannya oleh tenaga ahli medis demi memastikan pemahaman tepat terkait virus corona. Pada Februari 2020 lalu, OYO pun mengalokasikan dana sebesar 200 ribu dolar AS atau sekitar Rp 2,7 miliar di Asia Tenggara dan lebih dari 1 juta RMB atau sekitar Rp 1,9 miliar untuk wilayah China demi ikut menanggulangi Covid-19. Dana tersebut dialokasikan bagi para mitra pemilik aset dan anggota keluarga mereka di sejumlah daerah yang terkena dampak corona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement