Rabu 01 Apr 2020 07:15 WIB

Empat Pasien Covid-19 di Bali Sembuh

Pasien Covid-19 Bali dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali hasil uji swab.

Empat Pasien Covid-19 di Bali Sembuh. Pecalang atau petugas pengamanan adat Bali berjaga di sekitar kawasan wisata Pantai Balangan yang ditutup sementara di Badung, Bali.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Empat Pasien Covid-19 di Bali Sembuh. Pecalang atau petugas pengamanan adat Bali berjaga di sekitar kawasan wisata Pantai Balangan yang ditutup sementara di Badung, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan empat orang yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19, dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali hasil uji sampel swab.

"Dari empat orang yang sembuh ini, tiga WNI dan satu WNA," kata Dewa Indra saat memberikan keterangan di Denpasar, Selasa (31/3).

Baca Juga

Dia merinci, dari 155 orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Provinsi Bali, yang sudah keluar hasil uji laboratoriumnya 116 orang, yakni 97 orang negatif dan 19 positif. "Hari ini ada penambahan sembilan PDP, sedangkan data yang positif masih sama dengan kemarin sebanyak 19 orang," ucapnya.

Dewa Indra mengemukakan seorang pasien Covid-19 dikatakan sembuh dilihat dari kondisi fisiknya yang sehat dan tidak lagi menunjukkan gejala sakit. "Yang kedua, secara klinis, hasil uji laboratorium swabnya negatif, dua kali berturut-turut negatif baru bisa dikatakan sehat," ujarnya.

 

Pasien yang dinyatakan sembuh, yang sudah menjalani proses isolasi yang cukup lama di RS, dan uji laboratorium dua kali dinyatakan negatif. Setelah diperbolehkan pulang, mereka tidak perlu melalui karantina lagi.

Dewa Indra kembali mengingatkan masyarakat senantiasa mengikuti protokol kesehatan dalam mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Kata kuncinya, katanya, ketaatan dan disiplin masyarakat mengikuti protokol kesehatan. Setiap orang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Selain itu, juga harus mematuhi protokol kesehatan yang selama ini sudah terus disampaikan, di antaranya dengan mengikuti imbauan untuk menjaga jarak, mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), meniadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak, rajin berolahraga, menjaga kebugaran tubuh, dan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement