Sabtu 21 Mar 2020 16:46 WIB

Petugas Puskesmas di Depok Keliling Imbau Warga Cegah Corona

Petugas puskesmas di Depok keliling gunakan ambulans imbau warga cegah corona.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan
Ambulans (ilustrasi)
Foto: Republika/Abdan Syakura
Ambulans (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Petugas puskesmas di seluruh Kota Depok berkeliling menggunakan mobil ambulans dengan dilengkapai pengeras suara mengimbau masyarakat tidak keluar rumah dan berkumpul. Hal itu dilakukan sesuai instruksi wali kota Depok untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Kegiatan itu dimulai pukul 08.00 WIB serentak dilakukan 11 puskesmas di 11 kecamatan di Kota Depok yang berkeliling ke setiap jalan lingkungan, Sabtu (21/3). Selain itu, mereka memberikan informasi agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca Juga

"Kegiatan ini kita laksanakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, sebaiknya berdiam diri dirumah saja jika tidak ada keperluan mendesak," ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Tapos, Trisna Setiawan.

Tak hanya itu, selama kegiatan tersebut petugas puskesmas dengan pengeras suara memberikan berbagai informasi mengenai gejala-gejala serta pencegahan dari virus Covid-19.

"Biasanya memang kita adakan sosialisasi dengan mengumpulkan masyarakat, tetapi untuk mengurangi berkumpul di tempat keramaian, kami dan tim yang turun langsung berkeliling dengan ambulans sambil memberikan informasi serta imbauan kepada masyarakat, tanpa mereka harus meninggalkan rumahnya," jelas Trisna.

Petugas puskemas juga menghimbau agar masyakarat tetap tenang, jangan panik berlebih dan tetapi harus waspada. "Segera datang ke fasilitas kesehatan jika memang ada masalah dengan kesehatannya," ujar Trisna. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement