Jumat 20 Mar 2020 11:20 WIB

Masjid Agung Sumber Cirebon Tetap Gelar Sholat Jumat

Di tengah pandemi corona Masjid Agung Sumber Cirebon tetap gelar sholat Jumat

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Christiyaningsih
Di tengah pandemi corona Masjid Agung Sumber Cirebon tetap gelar sholat Jumat. Ilustrasi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Di tengah pandemi corona Masjid Agung Sumber Cirebon tetap gelar sholat Jumat. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Di tengah maraknya penyebaran virus corona atau Covid-19, Masjid Agung Sumber, Kabupaten Cirebon, tetap menyelenggarakan sholat Jumat berjamaah pada hari ini (20/3). Hal itu sebagaimana tertuang dalam Maklumat DKM Masjid Agung Sumber, Kabupaten Cirebon tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Masjid Agung Sumber, Kabupaten Cirebon.

Surat tertanggal 18 Maret 2020 itu ditandatangani Ketua Umum DKM Masjid Agung Sumber, Mushofa. "Masjid Agung Sumber Cirebon tetap menyelenggarakan sholat Jumat pada hari Jumat, 20 Maret 2020 dan seterusnya (sambil tetap mempertimbangkan perkembangan situasi terbaru),’’ kata Mushofa.

Baca Juga

Mushofa menjelaskan keputusan itu diambil setelah mendapat pertimbangan dari berbagai pihak yakni pemerintah dan alim ulama. Selain itu, keputusan juga merujuk pada pedoman pelaksaan sholat Jumat dalam situasi darurat wabah corona.

Namun, lanjut Mushofa, keputusan untuk tetap menyelenggarakan sholat Jumat itu juga disertai dengan pemberlakukan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Di antaranya adalah pemeriksaan suhu tubuh jamaah sebelum masuk ke dalam masjid. Pemeriksaan suhu tubuh itu dilakukan oleh petugas skrining Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

Bagi jamaah yang suhu tubuhnya melebihi batas ambang normal (37,5 C) atau merasa kurang sehat, hendaknya tidak menunaikan sholat Jumat di masjid. Sholat Jumat diganti dengan sholat dzuhur di rumah masing-masing.

Pengurus masjid pun akan menyediakan sabun cuci tangan bagi jamaah yang hendak memasuki masjid. Setelah selesai sholat, mereka juga juga dianjurkan untuk tidak bersalaman seperti biasanya dan menyusun barisan sholatnya secara renggang atau tidak rapat.

"Setiap jamaah juga diharapkan membawa sajadah atau alas sholat yang bersih dari rumah masing-masing. Selesai sholat Jumat hendaknya jamaah langsung meninggalkan masjid untuk menghindari kerumunan,’’ tutur Mushofa.

Mushofa menerangkan selain sholat Jumat, Pengajian Rutin Sabtuan dan Pengajian Qiroati Ahad Pagi juga tetap dilaksanakan dengan mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dia pun mengimbau seluruh umat Islam di Kabupaten Cirebon untuk senantiasa berdoa memohon kepada Allah SWT agar diberi kekuatan dan keselamatan dalam menghadapi wabah Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement