Selasa 17 Mar 2020 10:27 WIB

Pemprov Babel Siapkan Anggaran Atasi Penyebaran Virus Corona

Pemprov Babel kucurkan dana Rp 5 miliar untuk tanggulangi penyebaran virus Corona

Gubernur Erzaldi Rosman meminta secara khusus kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel agar mempersiapkan rincian anggaran untuk mengatasi kemungkinan terdeteksinya pasien suspect Corona.
Foto: Pemprov Kepulauan Bangka Belitung
Gubernur Erzaldi Rosman meminta secara khusus kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel agar mempersiapkan rincian anggaran untuk mengatasi kemungkinan terdeteksinya pasien suspect Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG - Pemerintah provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak gunakan cadangan anggaran penanggulangan bencana dalam kesiapan penanganan kemungkinan jika terjadi penyebaran Virus Corona di Kepulauan Babel. 

Dalam rapat ini dibahas kekuatan anggaran Provinsi Kepulauan Babel untuk menyikapi kemungkinan tersebarnya wabah virus corona (Covid-19) di Kepulauan Babel. Gubernur Erzaldi Rosman meminta secara khusus kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel agar mempersiapkan rincian anggaran untuk mengatasi kemungkinan terdeteksinya pasien suspect Corona. 

Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel, Didit Sri Gusjaya bahkan menyanggupi untuk mendampingi pengajuan anggaran ini dan meminta Dinas Kesehatan Prov. Kep. Babel mempersiapkan rincian kebutuhan anggaran malam ini juga, agar pada Selasa (17/3) anggaran ini dapat dibahas bersama di badan anggaran dan ketok palu di hari berikutnya (Rabu). 

“Saya bersama seluruh jajaran DPRD Babel, siap giring penganggaran ini agar Babel siap dalam penanganan wabah Virus Corona,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel, Mulyono menyampaikan perkiraan anggaran yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp 5 miliar, bahkan angka ini bisa mencapai belasan miliiar rupiah jika memungkinkan untuk diakomodir semua kebutuhannya. 

Direktur RSUP Kepulauan Babel, dr Hendra, juga ikut menjelaskan kebutuhan anggaran ini. Tidak hanya perlengkapan seperti pakaian lengkap tenaga medis, lebih detail Kep. Babel juga dapat mempersiapkan perlengkapan lain seperti mobil ambulance khusus pasien suspect Corona agar tidak bercampur dengan penggunaan mobil ambulance dengan pasien kasus lain. 

Selain itu, kebutuhan atas jumlah ruang isolasi di RSUP juga perlu ditambahkan sekalipun kesiapan rumah sakit lain seperti Klinik Intan Medika yang telah menyatakan kesiapannya menerima pasien jika terjadi deteksi pasien suspect Corona. Tentunya dibutuhkan anggaran yang cukup tinggi untuk kesiapan RSUP. 

Menyikapi ini, dalam rapat Wagub Kepulauan Babel, Abdul Fatah menegaskan kembali kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel untuk menyelesaikan hari ini juga rincian kebutuhan anggarannya, agar anggaran ini pada Selasa pagi dapat dibahas bersama DPRD Provinsi Kepulauan Babel. 

“Selesaikan malam ini juga, sebab DPRD Babel juga telah menyatakan kesiapan untuk proses cepat mengesahkan anggaran dan dapat direalisasikan segera,” ungkapnya. 

“Kesiapan ini sangat membantu meminimalisir kecemasan masyarakat, diharapkan masyarakat merasakan bahwa pemerintah begitu serius mengambil langkah antisipasi dan siap mengatasi jika terjadi penyebaran virus corona di Babel,” ungkapnya.

Gubernur Erzaldi Rosman melalui Video Conference melaksanakan rapat untuk menghadapi kemungkinan penyebaran Virus Corona, yang dihadiri Wakil Gubernur Kep. Babel, Sekda Prov. Kep. Babel, Kapolda Kep. Babel, Ketua Tokoh Adat Melayu Kep. Babel dan seluruh OPD di Lingkungan Pemprov. Kep. Babel berserta Kabupaten/ Kota yang dilaksanakan di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Kep. Babel, Senin (16/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement