Rabu 11 Mar 2020 22:49 WIB

Plt Bupati Indramayu Minta Rencana Kerja 2021 Tepat Sasaran

Skala prioritas pembangunan difokuskan pada upaya penurunan angka kemiskinan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat bersama unsur Forkopimda meninjau langsung kesiapan RSUD Indramayu yang ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan kasus Corona di Jawa Barat, Rabu (4/3).(Dok Diskominfo Indramayu)
Foto: Dok Diskominfo Indramayu
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat bersama unsur Forkopimda meninjau langsung kesiapan RSUD Indramayu yang ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan kasus Corona di Jawa Barat, Rabu (4/3).(Dok Diskominfo Indramayu)

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU – Seluruh perangkat daerah di Kabupaten Indramayu diminta untuk melaksanakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 yang tepat sasaran. Hal itu demi terwujudnya masyarakat Indramayu yang lebih religius, maju, mandiri dan sejahtera.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) RKPD Tahun 2021 Kabupaten Indramayu, Rabu (11/3). Kegiatan itu digelar di Aula Nyi Endang Dharma Ayu Universitas Wiralodra Indramayu.

Taufik menyatakan, dalam musrenbang itu, seluruh unsur perangkat daerah harus menyampaikan kebutuhan yang sesungguhnya dalam rangka pembangunan daerah. Dengan demikian, perencanaan pembangunan yang disusun dapat tepat sasaran. ‘’Jadi bisa optimal dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,’’ kata Taufik.

Taufik menjelaskan, Musrenbang RKPD Tahun 2021 merupakan transisi RPJMD Tahun 2016-2021 sebagai landasan program dan kegiatan Pemkab Indramayu. Dia berharap, perubahan itu membuat  pelaksanaan program pembangunan kedepan semakin baik dan efektif.

Taufik pun menegaskan kepada seluruh instansi di lingkungan Pemkab Indramayu untuk tidak mengusulkan program perencanaan pembangunan di tengah jalan. Pasalnya, program pembangunan sebelumnya sudah masuk ke dalam sistem perencanaan.

‘’Apabila sudah diketok palu oleh DPRD, kami sudah tidak mau menandatangani pengajuan-pengajuan yang di luar sistem perencanaan,’’ tukas Taufik.

Taufik menambahkan, dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Indramayu, skala prioritas difokuskan pada upaya penurunan angka kemiskinan, angka pengangguran dan meningkatnya laju ekonomi. Dengan demikian, indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Indramayu semakin membaik.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dady Iskandar, menyebutkan, proyek strategis Provinsi Jawa Barat untuk Kabupaten Indramayu di antaranya adalah pembangunan pariwisata tipe II yang berlokasi di Karangsong. Selain itu, penataan alun-alun Kabupaten Indramayu, pembangunan pusat budaya, pembangunan ruang kelas baru, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan serta pengadaan alat kesehatan di beberapa puskesmas.

‘’Saya mengajak seluruh stakeholder di Kabupaten Indramayu agar melakukan sinergi dan kolaborasi dalam menerapkan rencana program pembangunan dengan cara-cara baru atau inovasi untuk mendukung Jabar Juara Lahir Batin,’’ tandas Dady. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement