Selasa 10 Mar 2020 22:35 WIB

RSUD Achmad Muchtar Miliki Fasilitas Kateterisasi Jantung

RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi menjadi yang pertama di Sumatra dengan fasilitas ini

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Nyeri di dada, bisa jadi pertanda sakit jantung(Boldsky)
Foto: Boldsky
Nyeri di dada, bisa jadi pertanda sakit jantung(Boldsky)

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Muchtar Bukittinggi sekarang memiliki Ruang Operasi Cathlab atau kateterisasi jantung. Mereka mengadakan fasilitas tersebut guna meningkatkan layanan kepedulian terhadap kesehatan jantung pada masyarakat.

Direktur RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi, Khairul, mengatakan Kateterisasi Jantung dan Angiografi (Cath Lab) sebagai pelayanan di laboratorium untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebelumnya pelayanan Cathlab di RS Sumbar hanya terdapat di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Baca Juga

"Sekarang sudah hadir di RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi yang sudah memiliki dokter bedah syaraf yang juga kompetensi menanggulangi penyakit stroke non hemoragik," kata Khairul, saat peresmian Kateterisasi Jantung dan Angiografi di RSUD Achmat Muchtar, Bukittinggi, Selasa (10/3).

Khairul berharap untuk menanggulangi penyakit tersebut, golden periode sangat terbatas maksimal 8 jam bisa mengurangi penyakit stroke non hemoragik yang mengakibatkan kerusakan otak permanen.

"Untuk itu kita berharap pasien stroke non hemoragik dapat memanfaatkan layanan ini, sehingga penyakit dapat tertangani dengan segala sisi minimal," harapnya.

Saat ini baru ada tiga pelayanan tersebut di pulau Sumatra, yaitu RS Vetikal Baru, RS Mohammad Husein Palembang dan RS Swasta di Pekanbaru. Untuk RS daerah RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi merupakan yang pertama di Pulau Sumatra yang memberikan pelayanan ini.

Wakil Gubernur Sumatera Barat  Nasrul Abit yang juga hadir meresmikan pelayanan Kateterisasi Jantung di RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi mengatakan kesehatan jantung adalah hal terpenting pada tubuh manusia yang harus selalu diperhatikan serta dijaga. Nasrul mengapresiasi RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi bersama PT. Selaras Media Utama (SMU) Healthcare yang berkomitmen memberikan penanganan terbaik untuk kasus jantung demi kesehatan masyarakat Sumbar.

"Mudah-mudahan dengan diresmikannya ruang operasi Cathlab RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi ini yang telah lama ditunggu-tunggu masyarakat ini bermanfaat bagi penderita sakit jantung," ujar Nasrul.

Menurut Wagub Sumbar Cath Lab RS Achmad Muchtar telah memiliki peralatan yang cukup modern dan canggih yang melayani tindakan medis diagnostik inovasif menggunakan sinar X yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung.

Nasrul menyebut penderita jantung memerlukan tindakan di Cathlab selama ini harus menghadapi antrian cukup lama di beberapa rumah sakit yang ada di Sumbar. Namun dengan adanya fasilitas cathlab RSUD Achmad Muchtar bisa mendapat pelayanan cathlab langsung, tanpa antrian panjang.

Sementara penderita sakit jantung yang memiliki BPJS bisa berobat ke RSUD Achmad Muchtar. Pasien jantung tidak lagi berobat hingga ke luar negeri seperti ke Singapura dan Malaysia yang membutuhkan biaya banyak.

"Cukup disini, pasien sakit jantung tidak harus ke luar negeri, karena di Sumbar banyak memiliki Rumah Sakit yang dilengkapi Cathlab," kata Nasrul Abit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement