Rabu 04 Mar 2020 18:13 WIB

Kader Posyandu Depok Diminta Pahami Pencegahan Virus Corona

Sekda Depok berharap kader Posyandu sosialisasikan PHBS

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono.
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono mengajak para kader Posyandu meningkatkan pengetahuannya wabah virus corona. Para kader Posyandu  diminta memahami upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona.

"Kader Posyandu itu dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Untuk itu, mereka akan selalu menjadi tempat bertanya masyarakat, khususnya kaum ibu-ibu," ujar Hardiono saat membuka Workshop Pokjanal Posyandu Kota Depok di Balai Kota Depok, Rabu (4/3).

Baca Juga

Dia juga meminta, agar sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terus digalakan di masyarakat. Seperti mengkonsumsi makanan bergizi dan mencuci tangan dengan benar

"Andaikan ada masyarakat yang memiliki gejala terinfeksi virus corona, kader jangan panik. Segera bawa ke Puskesmas untuk dicek terlebih dahulu. Kalau nanti perlu dirujuk, nanti bisa dibawa ke RSUD Kota Depok," tutur Hardiono.

Menurut Hardiono  kader Posyandu juga dapat menenangkan kondisi psikologi masyarakat, dengan tidak berlebihan dalam menyikapi virus corona. Termasuk, membeli masker medis dalam jumlah yang banyak.

"jadi ini semua bagian dari posyandu terintegrasi, tidak hanya mengurus pemberian imunisasi, sekarang kompetensi kader juga harus ditambah, dengan mengadakan berbagai pelatihan yang dibutuhkan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement