Rabu 04 Mar 2020 16:41 WIB

PT KAI Daop 5 Purwokerto Sediakan Hand Sanitizer di Stasiun

Cairan antiseptik hand sanitiser disediakan di beberapa titik di stasiun.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Penumpang menggunakan antiseptik atau hand sanitizer
Foto: Republika/Prayogi
Penumpang menggunakan antiseptik atau hand sanitizer

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Untuk mencegah merebaknya penyakit Corona, PT KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan cairan pembersih tangan di beberapa stasiun yang melayani naik-turun penumpang dan di kantor lingkungan KAI.

''Hal ini sebagai upaya PT KAI untuk mengajak para pengguna jasa Kereta Api untuk menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran Virus Corona,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Rabu (4/3).

Dia menyebutkan, cairan antiseptik hand sanitiser disediakan di beberapa titik di stasiun. Terutama di lokasi-lokasi yang mudah terjangkau para calon penumpang.

Terkait penyediaan fasilitas ini, Supriyanto meminta para penumpang dan calon penumpang bisa bersikap bijak dalam penggunaan cairan ini. Lebih dari itu, calon penumpang juga diminta tidak memindahkan botol hand sanitizer tersebut dari tempatnya, atau menyimpan untuk kebutuhan pribadi.

Menurut Supriyanto, kebijakan penyediaan hand sanitizer tersebut, merupakan lanjutan dari berbagai upaya yang telah dilakukan PT KAI untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Pada awal mulai merebaknya pemberitaan mengenai penyakit Corona, PT KAI Daop 5 bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen sempat membentuk posko kesehatan di stasiun Purwokerto, Kebumen dan Gombong.

''Melalui posko ini, para calon penumpang yang turun di Stasiun Purwokerto diperiksa suhu tubuhnya. Kalau suhu tubuhnya di atas normal, maka akan mendapat pemeriksaan kesehatan lebih lanjut,'' katanya.

Saat ini, keberadaan posko tersebut untuk sementara sudah berhenti. Namun Supriyanto menyebutkan, di setiap stasiun yang menjadi keberangkatan penumpang terdapat klinik kesehatan PT KAI yang bisa dimanfaatkan para penumpang dan calon penumpang untuk memeriksa kesehatannya.

''Kalau ada penumpang dan calon penumpang yang merasa kurang sehat, silakan memeriksakan diri di klinik tersebut,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement