Senin 02 Mar 2020 18:22 WIB

Purbalingga akan Punya Bioskop Misbar

Bioskop misbar berlokasi di Taman Kota Usman Janatin Park Kota Purbalingga.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Gedung Bioskop
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi Gedung Bioskop

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Masyarakat Kabupaten Purbalingga, tak lama lagi akan memiliki Bioskop Misbar (gerimis bareng). Bioskop yang berlokasi di Taman Kota Usman Janatin Park Kota Purbalingga ini, rencananya akan diresmikan Purbalingga akan diresmikan Jumat (6/3), bersamaan dengan awal Bulan Film Nasional.

 ''Bioskop misbar ini merupakan bantuan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Pemkab Purbalingga. Keberadaan Bioskop Misbar diharapkan bisa menjadi ruang kreatif komunitas film dan ekonomi kreatif untuk menunjukkan hasil karyanya,'' jelas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga Bambang Widjonarko, Senin (2/3).

Baca Juga

 Dia bahkan berharap, peresmian Bioskop Misbar ini bisa menandai kebangkitan ekonomi kreatif di Purbalingga agar makin menunjukkan eksistensinya. ''Film sebagai lokomotif ekonomi kreatif akan ditemani ragam sub sektor in ekonomi kreatif lainnya di Purbalingga,'' ujarnya.

Pada malam peresmian, selain pemutaran film dan video, juga akan digelar pentas “Urap Urip Urup” yang merupakan kolaboras tari, musik tradisi, musik modern, teater, dan rupa. Turut memeriahkan juga weekend market, pasar UMKM Purbalingga sepanjang rangkaian peresmian.

''Rangkaian peresmian Bioskop Misbar memang akan berlangsung tiga hari hingga Minggu (8/3),'' katanya.

Secara rinci, setelah acara peresmian pada Jumat (6/3) malam, kegiatan akan dilanjutkan pada Sabtu (7/3) siang hingga sore berupa pertunjukan seni tradisi Grup Lengger Kinayung Laras. Malamnya diisi dengan pemutaran film-film pendek Purbalinggaan.

 Sedangkan Ahad (8/3) pagi hingga sore, akan diisi pertunjukkan musik dari Komunitas Musik Padamara dan Happy Night Band. Menurut Manajer Program Bioskop Misbar Purbalingga Bowo Leksono, operasional bioskop misbar untuk sementara akan berlangsung pada setiap akhir pekan dan hari-hari tertentu.

''Bioskop Misbar ini terbuka bagi seluruh warga Purbalingga bahkan luar Purbalingga untuk berkesenian secara bebas,'' jelasnya.

Dengan demikian, Bioskop Misbar tidak hanya diisi dengan kegiatan pemutaran film saja. Tapi juga pertunjukkan seni yang telah melalui proses kurasi dari dewan program. ''Harapannya, kegiatan ini mampu menjadi salah satu ruang hiburan yang mengedukasi bagi anak muda dan masyarakat Purbalingga pada khususnya,'' jelasnya.

Caprina Puspita, salah satu pengelola Bioskop Misbar Purbalingga mengatakan, keberadaan Bioskop Misbar akan menambah ruang ekspresi bagi seniman. ''Mestinya, keberadaan bioskop ini akan menggairahkan para seniman, khususnya para pelaku seni pertunjukan di Purbalingga,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement