Ahad 01 Mar 2020 22:03 WIB

Anies Tekankan Pentingya Optimalisasi Inovasi Damkar

Gubernur Anies Baswedan tekankan pentingnya optimalisasi inovasi Damkar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya optimalisasi inovasi oleh petugas pemadam dalam upaya pencegahan dan penanggulangan musibah kebakaran di Jakarta. Anies mengatakan, potensi ancaman kebakaran semakin besar seiring perkembangan Kota Jakarta.

"Dalam waktu satu abad ini, berbagai kejadian kebakaran telah terjadi di kota kita," kata Anies dalam menyambut peringatan ulang tahun ke-101 Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta, Ahad (1/3).

Baca Juga

Anies bersyukur bahwa adanya Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan yang tidak ternilai perannya telah berhasil mencegah dan mengurangi dampak yang lebih besar dari kejadian-kejadian peristiwa kebakaran itu. Di tengah perkembangan Kota Jakarta yang makin dinamis, potensi ancaman makin besar.

"Karena itu, kita harus selalu lakukan inovasi dan serius untuk memikirkan dan menyiapkan langkah-langkah terbaik untuk pencegahan," ujarnya.

Anies juga menegaskan, para petugas Disgulkarmat harus memiliki kemauan untuk terus-menerus meningkatkan kemampuan diri dan belajar mencari cara untuk mengerjakan perubahan ke arah lebih baik. Tantangan musibah di tengah masyarakat saat ini mengharuskan inovasi muncul melalui perspektif baru dan peningkatan kinerja melalui siklus pengalaman-pelajaran-pelaksanaan.

"Saya ingin sampaikan bahwa di saat musibah terjadi, mayoritas kita menjauhi lokasi musibah. Tapi saudara-saudara mendatangi lokasi musibah," kata Anies.

"Saudara-saudara hadir di sana, menyelesaikan musibah menjadi operasi penyelamatan. Kepada saudara-saudara, kita sampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya," ujar Anies.

Anies menuturkan banyak musibah kebakaran di Jakarta akibat kelalaian penggunaan bahan bakar (gas maupun minyak) ataupun hubungan pendek arus listrik. "Karena itu saya berharap para petugas Disgulkarmat dapat terus melakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi dan gerakan mengajak perubahan perilaku pengelolaan aliran listrik di seluruh permukiman warga hingga ke setiap kampung Jakarta," kata Anies.

Dalam acara peringatan 101 hari lahir Dinas Gulkarmat DKI Jakarta itu, Anies juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang telah berjasa dalam upaya penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di wilayah Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement