Ahad 01 Mar 2020 16:35 WIB

DPR akan Bentuk Panja Ketahanan Negara Hadapi Virus Corona

DPR akan membentuk panja ketahanan negara untuk hadapi virus corona.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Virus corona jenis baru atau Covid-19.
Foto: Republika
Virus corona jenis baru atau Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR Bobby Adithya Rizaldy mengatakan, DPR bakal membentuk panitia kerja (panja) Ketahanan Negara untuk virus Corona. Nantinya militer akan dilibatkan dalam penanganan virus Corona.

"Mulainya ada kajian, kajian itu di tahun 2009, waktu itu kan ada SARS, ada Ebola, itu sudah jadi kajian umum, bahwa pandemic influenza itu harus dikelola oleh pemerintah negara masing-masing, tapi disitu ada militer, dan disitu bagaimana militer terlibat," kata Bobby dalam diskusi di Menteng, Jakarta, Ahad (1/3).

Baca Juga

Bobby yang merupakan salah satu penggagas panja tersebut menuturkan pelibatan militer dalam membantu penanganan virus Corona juga dilakukan beberapa negara. Diantaranya yaitu Jepang, Jerman, dan Amerika.

"Jadi ini adalah best practice dalam satu bulan ini kita amati, kalau sipil sudah tidak mampu paling tidak kita memastikan infrastruktur lembaga instrumen militer ini siap menghadapi keadaan terburuk," ujarnya.

Politikus Partai Golkar tersebut mengatakan lewat panja tersebut DPR ingin memastikan bahwa ada instrumen negara yang mengkaji aspek ketahanan nasional terhadap dampak dari virus Corona. Selain itu DPR juga ingin memastikan, kapasitas lembaga negara seperti BIN, Lemhanas, juga memiliki tingkat kesiapsiagaan untuk menghadapai situasi darurat tersebut.

"Panja ini kita harapkan juga tidak terlalu berlama-lama, ikan sepat ikan gabus ikan lele, lebih cepat lebih bagus tidak bertele-tele. Kalau bisa diselesaikan dalam satu masa sidang itu bagus, tapi kalau pun tidak ya kami upayakan tidak lebih dari dua kali masa sidang," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement