Sabtu 29 Feb 2020 21:45 WIB

Pemkab Bogor Dorong Desa Berinovasi Kembangkan BUMDes

Desa diharapkan berinovasi dan berperan dalam mewujudkan Kabupaten Bogor maju.

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Gita Amanda
Pemkab Bogor mendorong kepala desa se-Kabupaten Bogor berinovasi. Foto suasana perkampungan di Bogor, (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Pemkab Bogor mendorong kepala desa se-Kabupaten Bogor berinovasi. Foto suasana perkampungan di Bogor, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab) Bogor mendorong kepala desa se-Kabupaten Bogor berinovasi dalam mengembangkan perekonomian desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin berharap, desa dapat berkontribusi untuk mewujudkan dua dari lima program Panca Karsa Bogor, yakni Karsa Maju dan Karsa Membangun.

"Desa diharapkan berinovasi dan berperan dalam mewujudkan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban dalam koridor Panca Karsa khusunya, Karsa Bogor Maju dan Karsa Bogor Membangun,” kata Burhan, di Kabupaten Bogor, Jumat (28/2) lalu.

Baca Juga

Menurut Burhan, Pemkab Bogor telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung optimalisasi BUMDes. Di antaranya dengan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbub) Bogor Nomor 79 Tahun 2018 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Burhan menyatakan, perbub itu untuk melakukan percepatan pengembangan BUMDesa di Kabupaten Bogor. Sehingga, perangkat desa dapat menyusun dokumen strategi pengembangan dan peningkatan kapasitas pengurus BUMDes. "Semunya kita lakukan untuk memajukan desa,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi untuk pengembangan ekonomi desa. Demikian, semua pihak bersama-sama terlihat dalam memajukan perekonomian desa.

“Dalam pembangunan desa diperlukan kolaborasi guna mewujudkan keterpaduan antara pihak yang berkepentingan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement