Sabtu 29 Feb 2020 01:00 WIB

Pasaman Barat dan Agam Alami Kebakaran Lahan Gambut

Luas lahan yang terbakar seluas 4-5 hektare.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah
Kebakaran lahan
Foto: Republika
Kebakaran lahan

REPUBLIKA.CO.ID, PASAMAN -- Kalaksa BPBD Sumatra Barat Erman Rahman melaporkan kejadian bencana alam kebakaran lahan gambut di dua daerah di Sumbar. Yakni di Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Agam. Di Kabupaten Pasaman Barat, Erman menyebut kejadian bencana kebakaran lahan gambut di Kecamatan Sungai Aua yakni di Plasma Batang Alin Permai. Kebakaran di Sungai Aua menurut Erman terjad pada Kamis (27/2) tepatnya pukul 13.00 WIB kemarin. "Luas lahan yang terbakar seluas 4-5 hektare," kata Erman, Jumat (28/2).

Erman mengatakan tim BPBD Pasaman Barat telah terjun ke lokasi sejak hari pertama kejadian. Selain ikut melakukan upaya pemadaman, BPBD menurut Erman juga membangun posko penanganan.

Baca Juga

Di Agam, kebakaran lahan gambut terjadi hari ini sekitar pukul 15.30 WIB tadi. Erman menyebut BPBD melakukan upaya pemadaman bersama pihak Damkar dan Satpol PP Agam. Erman mengatakan proses pemadaman kebakaran lahan gambut di Agam ini juga dibantu relawan dan masyarakat.

Erman menyebut api yang telah dipadamkan masih rentan kembali menyala karena pengaruh cuaca. Di Sumatra Barat selama dua pekan terakhir memang diliputi cuaca panas dan angin kencang. Sehingga rentan terjadi kebakaran.

Febrian Fachri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement