Sabtu 29 Feb 2020 05:05 WIB

Kemenpora Dukung FPTI Gelar Kejuaraan Dunia

Menpora RI, Zainudin Amali, mendukung FPTI gelar kejuaraan dunia panjat tebing.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Didi Purwadi
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mendukung Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, yang ingin menggelar kejuaraan dunia panjat tembing.
Foto: @Kemenpora_RI
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mendukung Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, yang ingin menggelar kejuaraan dunia panjat tembing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) 2019-2023 di bawah kepemimpinan ketua umum Yenny Wahid resmi dilantik pada Selasa (26/2). Kepada Menpora Zainudin Amali, Yenny menyatakan FPTI ingin menggelar kejuaraan dunia panjat tebing.

''Saya sempat berbincang-bincang, ternyata Ketum FPTI ingin mengambil kejuaraan panjat tebing dunia,'' kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, dalam keterangan tertulisnya. ''Hal tersebut sangat luar biasa dan kita harus dukung.''

Kepengurusan FPTI 2019-2023 resmi dilantik oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, Selasa (24/2) sore. Acara digelar di Disrupto Society, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. 

Menpora yang hadir pada acara tersebut mengucapkan selamat atas pengurus PP FPTI yang baru. Selain Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum KONI Marciano Norman, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari juga hadir dalam acara pelantikan tersebut.

Zainudin mengaku butuh dukungan masyarakat supaya pemerintah bisa melakukan pembinaan sampai membuat prestasi baik di tingkat Asia Tenggara, Asia maupun Dunia. Dan panjat tebing, kata Menpora, salah satu cabang olahraga yang diandalkan untuk bisa berbicara lebih banyak lagi di kancah internasional. 

Menurutnya, Presiden Joko Widodo berkali-kali memberi arahan agar Kemenpora sebisa mungkin mendorong cabor-cabor unggulan untuk berprestasi. ''Dan bila  memungkinkan, kita mengambil kesempatan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia,'' katanya. 

Karena itu, Zainudin menyatakan pemerintah sangat mendukung apabila FPTI ingin mengambil kejuaraan panjat tebing dunia. ''Ini suatu hal yang kita tunggu dari panjat tebing, karena kita tahu bahwa panjat tebing sudah membuktikan prestasinya di kancah internasional,'' katanya.

photo
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mendukung Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, yang ingin menggelar kejuaraan dunia panjat tebing. (@Kemenpora_RI)

100 Dinding Panjat

Yenny mengatakan FPTI menyiapkan program 100 wall atau dinding panjat dalam kepengurusan masa bakti 2019-2023. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya pencarian talenta dan calon atlet-atlet muda masa depan.

''Target kami membangun 100 wall di kepengurusan ini. (Program) ini bertujuan untuk memajukan gairah masyarakat karena kalau sudah difasilitasi akan lebih mudah untuk memanjat dan terasah kemampuannya,'' ujar Yenny.

Yenny yang juga menjabat Komisaris Independen PT Garuda Indonesia itu mengatakan program 100 dinding akan memudahkan proses pencarian bibit-bibit unggulan panjat tebing sejak usia dini sebelum nantinya direkrut sebagai atlet profesional. Pihaknya akan melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah ataupun tempat-tempat komersial untuk membangun dinding panjat tebing.

Selain sebagai upaya penjaringan calon atlet, pembangunan dinding tersebut juga dinilainya perlu segera dilakukan mengingat prasarana dan sarana panjat tebing di Indonesia saat ini masih minim dan terbatas. Kondisi tersebut sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi Yenny yang baru terjun memimpin di dunia olahraga.

photo
Menpora RI, Zainudin Amali, mendukung FPTI gelar kejuaraan dunia panjat tebing. (@Kemenpora_RI)

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement