Rabu 26 Feb 2020 04:20 WIB

Diskarpus akan Telusuri Sejarah Depok Hingga ke Belanda

Penelusuran sejarah Kota Depok perlu dilakukan dalam penyusunan sejarah Kota Depok.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Foto udara suasana Alun-alun Kota Depok, Jawa Barat, Senin (27/1).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Foto udara suasana Alun-alun Kota Depok, Jawa Barat, Senin (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID,  DEPOK -- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok mengajukan usulan melakukan penelusuran sejarah Kota Depok hingga ke Belanda. Usulan tersebut disampaikan saat Forum Rencana Kerja (Renja) Diskarpus Kota Depok guna mendapatkan literatur tambahan guna mendukung penelusuran sejarah.

"Penelusuran sejarah Kota Depok perlu dilakukan dalam penyusunan sejarah Kota Depok. Maka masukan dari sejumlah stakeholder agar melakukan penelusuran, kami sambut baik," ujar Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah di Gedung Perpustakaan Kota Depok, Selasa (25/2).

Menurut Siti, untuk melakukan penelusuran, butuh tim khusus yang bertugas menggali sejarah Kota Depok. Tim tersebut terdiri dari para ahli sejarah yang bersertifikat.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya akan mengusulkan kegiatan penelusuran arsip ke Belanda yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Dearah (APBD). Namun hal itu merupakan program jangka panjang.

"Saat ini prioritas kami lebih ke tertib arsip dulu di lingkungan Pemkot Depok. Penelusuran sejarah Kota Depok kami canangkan untuk program jangka panjang," pungkas Siti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement