Rabu 26 Feb 2020 00:43 WIB
Peringati Hari Pers Nasional Tingkat Kabupaten Indramayu

Polytama Ajak Wartawan dan Siswa Indramayu Hijaukan Negeri

Untuk melakukan usaha penghijauan negeri dibutuhkan keterlibatan semua pihak.

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2020, PT Polytama Propindo (Polytama) menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Indramayu.
Foto: Istimewa
Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2020, PT Polytama Propindo (Polytama) menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID,  INDRAMAYU - - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2020, PT Polytama Propindo (Polytama) menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Indramayu untuk menggelar acara One-day Press Tour dengan konsep penghijauan negeri. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 180 partisipan dari berbagai instansi, baik dari PWI, Dinas Lingkungan Hidup Indramayu, Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu hingga siswa-siswa di lingkungan sekitar perusahaan.

Polytama mengajak para peserta yang terdiri dari rekan-rekan pers PWI beserta siswa-siswi Sekolah Dasar Program SEHATI (Sekolah Hijau, Sehat dan Bersih) untuk berkeliling mengunjungi lokasi-lokasi yang tergabung dalam Integrated Waste Cycle (I-WC) yang merupakan program manajemen sampah terintegrasi binaan Polytama, termasuk I-MASARO HERO, yaitu lokasi pemilahan dan pengolahan sampah organik dan non organik, dan Taman Keanekaragaman Hayati (KEHATI) yang merupakan Ruang Taman Hijau (RTH) dan Landmark Indramayu.

Acara disusun dengan konsep penghijauan negeri yang melibatkan partisipasi aktif dari anggota PWI beserta siswa-siswi sekolah dasar seperti lomba membuat kerajinan tangan dari sampah, lomba menggambar dengan tema “3R” dan “Keanekaragaman Hayati”, lomba fotografi di sekitar Taman Kehati serta pemberian makan rusa yang terdapat di Taman Kehati. Polytama juga melibatkan partisipasi siswa dan siswi Sekolah Luar Biasa untuk tampil mengisi acara.

Tak sebatas memperingati Hari Pers Nasional 2020, Polytama juga bermaksud menjadikan momentum ini untuk menjaga tali silaturahmi antara perusahaan dengan Pers di Lingkungan Kabupaten Indramayu yang selama ini turut membantu Polytama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indramayu akan upaya penghijauan binaan Polytama.

Hal serupa turut diutarakan Dwinanto Kurniawan, Corporate Secretary General Manager Polytama. “Untuk melakukan usaha penghijauan negeri yang efektif  itu dibutuhkan keterlibatan seluruh lapisan masyarat. Kami yakin dengan sinergi yang baik antara Pers, instansi dan masyarakat, kita semua dapat menghijaukan negeri ini," ujar Dwinanto pada pembukaan acara di I-MASARO HERO, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id. 

Selain agenda utama, turut dilakukan acara penandatanganan prasasti tanda peresmian fasilitas toilet Pesantren Nurul Islam yang terletak di area Ring-1 daerah operasional Polytama. 

Membangkitkan semangat cinta lingkungan

Pada Peringatan Hari Pers Nasional kita diiingatkan akan pentingnya peran Pers dalam menyebarluaskan informasi yang mempunyai fungsi untuk mendidik, mencerdaskan, mengandung kebenaran, dan bisa mendorong masyarakat untuk berbuat kebaikan.

Melalui acara ini, Polytama berharap agar rekan pers dapat terus menjadi media yang menyampaikan dan mengedukasi masyarakat luas akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. “Layaknya program I-WC yang saling terintegrasi satu sama lain, kami juga berharap Polytama, rekan pers dan masyarakat luas dapat terus menjalin hubungan yang bersinergi," kata Dwinanto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement