Senin 24 Feb 2020 16:37 WIB

Tol Penghubung Pantura-Pansel Rencananya Dibangun 2022

Rencananya, jalur tol ini melintasi Kabupaten Brebes, Tegal, Banyumas, dan Cilacap.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kendaraan antre keluar jalur Pantura di pintu keluar tol Brebes Barat, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Kendaraan antre keluar jalur Pantura di pintu keluar tol Brebes Barat, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Selain jalur selatan Jawa Bandung-Cilacap, pemerintah juga berencana membangun jalur tol menghubungkan Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan (pansel). Rencananya, jalur ini melintasi Kabupaten Brebes, Tegal, Banyumas, dan Cilacap.

''Dalam rapat koordinasi di kantor Kementrian Agraria dan tata Ruang (ATR), sudah diputuskan jalan tol penghubung tersebut akan dibangun mulai dari pintu keluar di Brebes hingga kemudian sampai ke tol selatan Jawa di wilayah Kabupaten Cilacap,'' jelas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Banyumas, Purwadi Santoso, Senin (24/2).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri pihak Jasa Marga, perwakilan dari Kementrian PUPR, perwakilan dari Dinas Bina Marga dan Cipta Karya dan Bappeda Pemprov Jateng, serta perwakilan dari empat kabupaten yang bakal dilintasi tol penghubung.

Purwadi mengakui, sebelumnya ada beberapa alternatif pilihan tol penghubung akan dibangun. Antara lain, melintasi wilayah Tegal-Purwokerto-Cilacap, Tegal-Pemalang-Purwokerto-Cilacap, dan Pemalang-Purbalingga-Banyumas-Cilacap. Namun dari hasil skoring, kata Purwadi, nilai tertinggi jatuh pada pilihan jalur Brebes-Tegal-Purwokerto-Cilacap.

''Dengan demikian, tol penghubung yang akan dibangun, kelak akan melintas di wilayah tersebut,'' jelasnya.

Menurutnya, pilihan pembangunan tol penghubung jatuh pada rute tersebut karena rsudah masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN) yang diatur dalam Peraturan Presiden No 79 tahun 2019. ''Dalam Perda RTRW Pemprov Jateng dan Pemkab Brebes, juga sudah menyebut tol Pejagan-Cilacap,'' terangnya.

Khusus di wilayah Banyumas, Purwadi menyebutkan, tol tersebut akan melintas di wilayah Kecamatan Ajibarang dan Wangon. Di ruas jalur tersebut, rencananya ada tiga pintu keluar tol. Yakni, di Ajibarang, Wangon dan di jalur antara Ajibarang-Wangon.

Namun untuk pintu keluar yang di ruas antara Wangon-Ajibarang, nantinya dibuat lagi jalur tol menuju Purwokerto dan Bandara Soedirman Purbalingga. ''Jalur ini, sekaligus menjadi pintu masuk kendaraan dari arah Purbalingga dan Banjarnegara,'' jelasnya.

Menurutnya, pertimbangan pemerintah menembuskan tol Pejagan-Cilacap ke arah Purwokerto dan Bandara Soedirman, karena arus kendaraan yang keluar-masuk dinilai cukup besar. ''Kesimpulannya, soal rencana pembangunan jalur tol penghubung yang melintas Banyumas, dipastikan akan dibangun. Karena ini masuk dalam PSN, kemungkinan tercepat, pada 2022 sudah mulai dilakukan pembebasan tanah,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement